Sabtu, 27 April 2024

Demokrat Dukung Anies, Emil Dardak Sebut AHY Cocok Jadi Cawapres

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Emil Elestianto Dardak Ketua DPD Partai Demokrat (tengah) waktu ditemui awak media, Kamis (2/3/2023). Foto: Istimewa.

Emil Elestianto Dardak Ketua DPD Partai Demokrat menyebut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat sebagai sosok yang cocok menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Anies Baswedan.

Pernyataan itu disampaikan Emil usai memutar video deklarasi dukungan Partai Demokrat kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 di rumah AHY di Surabaya.

“Dari tayangan saat deklarasi tadi, terlihat chemistry dan kecocokan keduanya dalam menyampaikan misi perubahan dan perbaikan,” kata Emil, Kamis (2/3/2023).

Menurut Emil deklarasi tersebut bak gayung bersambut. Sebab jauh sebelumnya kader Partai Demokrat banyak membicarakan mantan Gubernur DKI itu sebagai figur yang paling pas sebagai Capres pengganti Jokowi Presiden.

“Ada kesinambungan antara keputusan politik Partai Demokrat dan akseptabilitas kader Partai Demokrat Jatim atas sosok Mas Anies,” kata Wakil Gubernur Jatim itu.

Namun Emil mengatakan pihaknya bakal menghormati keputusan DPP Partai Demokrat yang menyepakati bahwa Calon Wakil Presiden nanti akan ditentukan oleh Anies Baswedan sendiri.

Sebagai informasi, AHY mengumumkan Partai Demokrat secara resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

AHY menyatakan keputusan mendukung Anies ditetapkan melalui rapat Majelis Tinggi Partai (MTP) yang memiliki wewenang dalam menetapkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh Demokrat.

“Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliau, Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama, ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan,” jata AHY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Sebagai bakal Capres 2024, Anies diusung koalisi tiga partai yakni Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Nasdem. Kedua partai terakhir sudah lebih dulu menggelar deklarasi mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.(wld/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs