Sabtu, 21 September 2024
Debat Pilpres 2024

Ditanya Prabowo Soal Pengangguran, Ganjar Bahas Investasi dan Sekolah Vokasi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkap layar saat Ganjar Pranowo calon presiden nomor urut 3 dalam debat capres di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Ketiga calon presiden (capres) diberikan kesempatan untuk saling bertanya dalam debat capres di Kantor KPU RI di Jakarta pada Selasa (12/12/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo Subianto capres nomor urut 2 bertanya kepada Ganjar Pranowo capres nomor urut 3, tentang cara mengatasi pengangguran.

Ganjar menjawab bahwa isu lapangan kerja memang kontekstual. Untuk itu, pemerintah harus hadir dengan cara membuka ruang investasi.

“Dengan cara memastikan penegakan hukumnya bisa berjalan baik, kepastian hukumnya berjalan dengan baik, transparan, akuntabel, mudah, murah, cepat dalam sebuah layanan,” ujar Ganjar.

Tanpa hal tersebut, Ganjar menegaskan bahwa investor akan pergi dan tidak mau datang. Selain itu, pemerintah harus menyediakan pusat-pusat pertumbuhan. Seperti menyediakan kawasan industri, insentif pajar, hingga perizinan yang mudah.

“Ketika semuanya sudah berjalan, harus disiapkan SDM yang tangguh melalui sekolah vokasi. SDM inilah yang harus dipastikan bahwa mereka sampai dengan 12 tahun harus sekolah dan gratis,” ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menegaskan bahwa setiap satu keluarga miskin akan diberikan kepada salah satu anaknya untuk menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi.

“Karena itulah yang akan membongkar dan lalu memberikan ruang pekerjaan yang jauh lebih banyak,” ujar Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode tersebut.

Ganjar juga mencontohkan di Jateng yang memiliki Kawasan industri di Kendal maupun di Batang. Harus ada kolaborasi antara sekolah vokasi dengan kawasan industri,.

Prabowo kemudian menanggapi jawaban Ganjar. Menyebut Ganjar mengakui prestasi Joko Widodo presiden dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Saat kami merancang kawasan industri, kami duduk dengan para menteri dan presiden. Kami punya pikiran yang sama karena kami ingin menjemput 2045 dengan menjadi negara maju dan negara unggul. Bahkan proyek nasional di Jawa Tengah saya bereskan,” terang Ganjar.

Debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023) malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).(saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
26o
Kurs