Jumat, 26 April 2024

DPRD Surabaya Minta KPU Setempat Segera Jabarkan Progres Tahapan Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Surabaya meminta penjelasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, terkait progres pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Kota Pahlawan, Jawa Timur (Jatim).

Pertiwi Ayu Krishna Ketua Komisi A DPRD Surabaya mengatakan, pihaknya sebetulnya sudah menjadwalkan rapat dengar pendapat dengan KPU Surabaya pada Rabu (17/5/2023) lalu.

“Tapi KPU saat itu ada agenda lain, jadi kami akan jadwalkan ulang pada 29 Mei mendatang,” kata Ayu sapaan akrabnya, Jumat (19/5/2023) dilansir Antara.

Menurut dia, tujuan digelarnya rapat dengar pendapat tersebut untuk melakukan koordinasi dengan KPU Surabaya, terkait pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Surabaya.

“Kami ingin tahu, apakah seluruh partai peserta Pemilu telah mendaftarkan bakal calegnya?.Selain itu, apakah ada kendala dari partai politik dalam proses tahapan pendaftaran tersebut agar bisa diperbaiki?” kata Ayu.

Tak hanya itu, Ayu juga menyampaikan jika pihaknya bersama seluruh ketua fraksi di DPRD Surabaya, juga ingin bertanya lebih detail soal Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)

“Apakah juga udah mendapat info terkait sistem proporsional tertutup atau terbuka dalam pemilu mendatang?” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, dalam rapat pendapat selanjutnya, Komisi A juga akan mengundang ketua dan sekretaris fraksi di DPRD Surabaya.

“Supaya semua fraksi mewakili partai politik di DPRD Surabaya ini bisa mendengarkan. Mungkin ada pertanyaan dari fraksi ini agar bisa dijawab langsung oleh KPU Surabaya,” ucapnya.

Ayu berharap pada Pemilu 2024 bisa diterapkan asas luber dan jurdil yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. “Kami semua berharap pemilu mendatang berjalan lancar,” ucapnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs