Senin, 29 April 2024

Dua Parpol Parlemen Mendukung Ganjar Pranowo sebagai Bakal Capres 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat menghadiri acara partai di Jakarta, Jumat (17/6/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Arsul Sani Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengungkapkan, ada sejumlah nama yang diusulkan kader partainya untuk diusung sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Antara lain, Anies Baswedan mantan Gubernur DKI Jakarta, Erick Thohir Menteri BUMN, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, dan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Nama-nama tersebut mengemuka dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP, yang berlangsung selama dua hari, 24-25 April 2023, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Arsul, dari sekian nama yang muncul, Ganjar Pranowo paling banyak mendapat dukungan sebagai bakal capres.

“Mas Ganjar Pranowo memang di dalam rapat pimpinan wilayah atau musayawarah kerja wilayah itu paling banyak memang disuarakan untuk diusung sebagai bakal capres,” ujarnya lewat pesan singkat.

Sesudah melalui musyawarah, PPP resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres pada Pemilu 2024.

Pengumuman itu disampaikan Muhammad Mardiono Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP, siang hari ini, Rabu (26/4/2023), di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan begitu, sudah ada dua partai politik parlemen yang mendukung Ganjar sebagai bakal capres.

Sebelumnya, PDI Perjuangan mengusung Ganjar Pranowo yang sudah dua periode menjabat Gubernur Jawa Tengah sebagai bakal capres untuk Pemilu 2024.

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan mengumumkan keputusan partainya kepada publik, Jumat (21/4/2023), di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan Peraturan KPU, pendaftaran capres cawapres yang diusung partai atau gabungan partai politik untuk Pemilu 2024, dijadwalkan tanggal 19 Oktober sampai 25 November 2023.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs