Senin, 13 Mei 2024

Foto Anies Baswedan Terpampang di Dalam Soal Ujian SMK di Lamongan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Foto Anies Baswedan capres nomor urut 1 ditemukan dalam soal ujian salah satu SMK di Kabupaten Lamongan. Foto: Istimewa Foto Anies Baswedan capres nomor urut 1 ditemukan dalam soal ujian salah satu SMK di Kabupaten Lamongan. Foto: Istimewa

Ditemukan sebuah naskah ujian Bahasa Inggris di salah satu SMK swasta di Kabupaten Lamongan yang terpampang foto Anies Baswedan calon presiden nomor urut 1.

Pada soal ujian itu, terdapat gambar wajah Anies yang dilengkapi dengan tiga pertanyaan di bawah fotonya. Pertanyaan tersebut mengulas tentang latar belakang Anies Baswedan.

Pada tiga soal pertanyaan itu siswa harus menjawab benar atau salah. Seperti pertanyaan pertama tertulis “He is Anies Rasyid Baswedan, he born in Kuningan west Java, he was born in academic families (dia adalah Anies Rasyid Baswedan, dia lahir di Kuningan Jawa Barat, dia lahir dari keluarga akademik)”.

Ketiga pertanyaan ini tertuang dalam naskah ujian mata pelajaran bahasa Inggris pada poin B nomer 21- 23.

Hidayat Rachman Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Lamongan, Jawa Timur membenarkan adanya temuan soal ujian Bahasa Inggris yang berisi foto Anies.

Pihaknya telah mengintruksikan agar menarik seluruh naskah ujian yang sudah beredar. Hidayat juga meminta agar Kepala Sekolah lembaga pendidikan di tingkat SMA/ SMK tidak melakukan hal yang serupa.

Sebab sesuai aturan ASN harus netral termasuk lembaga pendidikan di bawah naungan Cabang Dinas Lamongan.

“Iya benar. Saya pikir semua harus tegak lurus dengan aturan itu, semoga kejadian ini menjadi pelajaran dan koreksi bagi lembaga pendidikan yang lain supaya tidak terjadi lagi,” katanya Jumat (15/12/2023).

Dikonfirmasi terpisah, Tony Wijaya Ketua Bawaslu Lamongan menyatakan, telah melakukan pemeriksaan kepada dua orang dalam temuan ini.

Kedua orang yang sudah diperiksa adalah Kepala Sekolah dan bagian tata usaha (TU). Berdasarkan hasil pemeriksaan, Tony menyebut jika soal itu memang dibuat oleh salah satu guru bahasa inggris inisial MU.

“Hasil dari pleno Bawaslu sudah menyimpulkan jika tidak ditemukan dugaan pelanggaran Pemilu. Hasil kesimpulan dan analisa Bawaslu atas beredarnya foto Capres di naskah ujian itu disebutkan dalam keterangan resmi,” ujar Tony.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
32o
Kurs