Sabtu, 4 Mei 2024

Ganjar Berkomitmen pada Kebebasan Ekspresi hingga Pers

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 dalam acara "Millennial and Gen-Z Summit (IMGS)" di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023). Foto: Media Center TPN Ganjar-Mahfud Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 dalam acara "Millennial and Gen-Z Summit (IMGS)" di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023). Foto: Media Center TPN Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3, memastikan komitmennya terhadap kebebasan berekspresi dan pers.

Dia menyatakan apabila terpilih sebagai Presiden Indonesia di Pilpres 2024, dirinya tidak akan merespons kritik dengan sikap bawa perasaan atau ‘baper’.

“Silakan Anda berbicara apa pun, secara bebas, tapi saya ingatkan adalah ada kewajiban asasi di antara hak asasi,” kata Ganjar dalam acara “Millennial and Gen-Z Summit (IMGS)” di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023), seperti dilaporkan Antara.

Pernyataan ini disampaikan dalam konteks dukungan penuh Ganjar terhadap kebebasan pers dan eksistensi media sebagai pilar demokrasi. Dia menegaskan pentingnya kritik yang konstruktif dalam memperbaiki kinerja pemerintahan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif.

“Pemimpin ya kalau dikritik, jangan ‘baperan’,” ucap Ganjar menjawab pertanyaan pembawa acara.

Ganjar juga berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dialog terbuka, keterbukaan, dan penghargaan terhadap kebebasan berekspresi dan pers di masa pemerintahannya jika terpilih.

Dengan penekanan pada nilai-nilai demokrasi, kemerdekaan berpendapat, dan tanggung jawab bersama, Ganjar menegaskan visinya untuk mendukung partisipasi aktif warga negara dalam membangun bangsa.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs