Minggu, 5 Mei 2024

Ganjar Komitmen Hadirkan Sekolah Gratis se-Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ganjar Pranowo bakal calon presiden dari PDI Perjuangan. Foto: Muchlis Fadjarudin suarasurabaya.net

Ganjar Pranowo bakal calon presiden (Bacapres) PDI Perjuangan menyatakan komitmennya menghadirkan sekolah gratis di seluruh Indonesia untuk masyarakat yang kurang mampu.

“Saya hanya ingin menyampaikan kepada masyarakat luas, bagaimana akses pendidikan itu lebih mudah, dan bagaimana, mohon maaf ini, keluarga tidak mampu bisa mendapatkan (pendidikan) dengan skala prioritas,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023) malam.

Dilansir Antara, Ganjar mengatakan program itu sudah dilakukan ketika dirinya menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Ia membuat sekolah berbasis boarding (asrama) secara gratis alias tidak dipungut biaya untuk masyarakat kurang mampu. Bahkan, para siswa mendapatkan seragam, sepatu, asrama, dan makan.

Sekolah ini, lanjut dia, juga mampu menghubungkan dan membuat kerja sama dengan perusahaan atau industri untuk penyerapan tenaga kerja.

Ganjar menyampaikan hal itu seusai mendapatkan penghargaan sebagai “Tokoh Pendongkrak Kualitas Pendidikan Keluarga Miskin”

Ia menganggap sekolah gratis adalah bagian integral dari upaya mempermudah akses pendidikan, yang terbukti bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat secara keseluruhan. Serta, dalam jangka panjang dapat menuntaskan kemiskinan.

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan kekhawatiran tentang ketidakmerataan infrastruktur dan akses pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, setiap daerah harus memiliki akses pendidikan yang merata dan mudah dijangkau.

“Maka inilah yang mesti kita kebut sehingga nantinya mereka semua bisa mendapatkan akses pendidikan yang sangat mudah,” tegasnya.

Menurutnya memanfaatkan bonus demografi dengan baik melalui pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dengan pendidikan yang sangat bagus, sangat penting, terutama untuk masyarakat kurang mampu.

“Maka kalau kita mengelola SDM dengan baik, dengan pendidikan yang sangat bagus, maka rasa-rasanya kita akan bisa memanfaatkan bonus demografi dengan baik,” harapnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs