Jumat, 3 Mei 2024
Debat Pilpres 2024

Ganjar Tanyakan Putusan MK terkait Batas Usia Capres-Cawapres kepada Prabowo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut dua saat menjawab pertanyaan Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut tiga mengenai putusan batas usia calon presiden dan calon wakil presiden oleh Mahkamah Konstitusi (MK) yang menjadi dasar KPU RI meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Debat Pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 digelar di kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut dua saat menjawab pertanyaan Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut tiga mengenai putusan batas usia calon presiden dan calon wakil presiden oleh Mahkamah Konstitusi (MK) yang menjadi dasar KPU RI meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Debat Pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 digelar di kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI

Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut tiga menanyakan tanggapan Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut dua terkait putusan batas usia calon presiden dan calon wakil presiden oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dalam kontes kekinian, saya terpaksa harus bertanya apa komentar Pak Prabowo terhadap putusan Prabowo yang melahirkan MK-MK itu,” tanya Ganjar dalam Debat Pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024, di kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023).

Pertanyaan Ganjar tersebut disampaikan pada segmen dua, pertanyaan keenam dengan subtema pertanyaan tentang Hukum.

Menanggapi Ganjar, Prabowo menjawab, “Saya kira mengenai MK aturannya sudah jelas. Kita juga bukan anak kecil. Rakyat kita juga pandai, rakyat kita lihat, tahu. Mas Ganjar kita tahulah bagaimana prosesnya. Yang intervensi siapa, yang intervensi siapa,” ujar Prabowo.

“Tapi intinya adalah kita tegakkan konstitusi, kiat tegakkan undang-undang, kita perbaiki yang kurang sempurna dan kita patuh terhadap komitmen Undang-Undang itu sendiri,” tambahnya.

Sementara untuk menjawab pertanyaan panelis terkait lembaga kehakiman yang cenderung diintervensi, Prabowo menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki kualitas hidup semua hakim di Indonesia, termasuk semua pekerja di sekitar lembaga kehakiman. “Gajinya diperbaiki supaya mereka tidak dapat disogok, tidak dapat dikorup,” kata Prabowo.

Kemudian, Anies Baswedan, calon presiden nomor urut satu menegaskan kepada semua pihak di lingkar yudisial bahwa, “pertama, tugas Anda bukan hanya menegakkan hukum. Tugas Anda menghadirkan rasa keadilan. Kedua, bila terjadi praktik keadilan tidak hadir, negara tidak boleh diam. Negara harus mempertanyakan apa yang sebetulnya terjadi. Memastikan proses hukum berorientasi keadilan.”

Kemudian, terkait renumerasi yang baik, kata Anies, itu penting, tapi yang tidak kalah penting semua proses dilakukan secara transparan. “Promosi transparan dan kasus transparan, sehingga ada kepercayaan kepada proses pengadilan,” ujar Anies.

Untuk diketahui, debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023) malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs