Sabtu, 27 April 2024

Gubernur Lemhannas: Usulan Prabowo Tekankan Solusi Damai Rusia-Ukraina

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Andi Widjajanto Gubernur Lemhannas. Foto : istimewa

Andi Widjajanto Gubernur Lemhannas mengatakan, usulan yang dipaparkan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI di International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 Singapura soal Rusia dan Ukraina menekankan solusi damai dari kekerasan senjata yang terjadi saat ini.

Menurutnya, di sesi itu Prabowo menekankan bentuk kolaborasi global, bentuk kepemimpinan bersama yang lebih mengedepankan dialog, kerja sama, dan multilateralisme.

“Pak Prabowo menawarkan proposal damai untuk Ukraina yang betul-betul menekankan agar kita segera mencari solusi untuk menghentikan kekerasan bersenjata dan melibatkan PBB dalam mencari solusi-solusi damai segera antara Rusia dan Ukraina,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Senin (5/6/2023).

Andi menjelaskan, Prabowo juga secara umum menyerukan agar Shangri-La Dialogue ke-20 tahun 2023 mengeluarkan deklarasi yang konkret baik untuk meredam ketegangan yang terjadi di Indo Pasifik, juga untuk mencari solusi damai bagi perang yang terjadi di Ukraina.

Sebelumnya, Prabowo memaparkan beberapa usulan untuk resolusi konflik Rusia dan Ukraina.

Pertama, gencatan senjata. Dalam hal itu, penghentian permusuhan di tempat pada posisi saat ini dari kedua pihak yang tengah berkonflik.

Kedua, saling mundur masing-masing 15 kilometer ke baris baru (belakang) dari posisi depan masing-masing negara.

Ketiga, membentuk pasukan pemantau. Prabowo menyarankan agar PBB diterjunkan di sepanjang zona demiliterisasi baru kedua negara itu.

Keempat, pasukan pemantau dan ahli dari PBB itu harus terdiri dari kontingen dari negara-negara yang disepakati oleh baik Ukraina dan Rusia.

Kelima, PBB harus mengorganisir dan melaksanakan referendum di wilayah sengketa untuk memastikan secara objektif keinginan mayoritas penduduk dari berbagai wilayah sengketa.(faz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs