Jumat, 24 Mei 2024

Honor Panwascam Tersendat karena Sisa Anggaran Pemilu Rp5 Triliun Belum Cair

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Rahmat Bagja Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebut honor Panwascam tersendat karena sisa anggaran Rp5 triliun belum cair. Foto: Antara

Rahmat Bagja Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebut sisa anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebesar Rp5 triliun, dari total Rp11 triliun, hingga saat ini tak kunjung turun.

Bagja menyebut, situasi ini membuat honor atau gaji Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di sejumlah wilayah sempat bermasalah atau tersendat selama beberapa bulan.

“Masih ada Rp5 triliun lagi belum turun. Sehingga kemudian ada beberapa honorarium Panwascam itu juga bermasalah,” ucap Bagja dilansir Antara pada Rabu (25/10/2023).

Sebelumnya, Komisi II DPR RI telah menyetujui pagu anggaran Pemilu 2024 untuk KPU RI sebesar Rp28,4 triliun dan Bawaslu RI sebesar Rp11, 6 triliun. Hanya saja, menurut Bagja, dari total anggaran Rp11 triliun yang diajukan, baru Rp6 triliun saja yang sudah dicairkan.

Selain itu, Komisi II DPR juga menyetujui usulan tambahan anggaran yang diajukan Bawaslu RI sebesar Rp1,4 triliun.

Anggaran tersebut tidak termasuk untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di putaran kedua, mengingat bakal calon peserta Pilpres diikuti oleh tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
32o
Kurs