Senin, 29 April 2024

Indonesia dan Belanda Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Siber

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pertemuan bilateral RI dan Belanda. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot (kiri) berjabat tangan saat akan melakukan pertemuan bilateral di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta, Selasa (31/10/2023). Pertemuan tersebut membahas kerja sama budaya, investasi, dan perdagangan sekaligus membahas repatriasi benda-benda cagar budaya milik Indonesia dari Belanda serta penanganan pengiriman bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina. Foto: Antara Pertemuan bilateral RI dan Belanda. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot (kiri) berjabat tangan saat akan melakukan pertemuan bilateral di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta, Selasa (31/10/2023). Pertemuan tersebut membahas kerja sama budaya, investasi, dan perdagangan sekaligus membahas repatriasi benda-benda cagar budaya milik Indonesia dari Belanda serta penanganan pengiriman bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina. Foto: Antara

Indonesia dan Belanda sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang siber dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama dalam bidang itu.

“Indonesia merupakan mitra paling penting bagi Belanda. Kami ingin terus meningkatkan dan memperluas kemitraan kami,” ujar Hanke Bruins Slot Menteri Luar Negeri Belanda saat bertemu dengan Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Indonesia di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Dilansir dari Antara, Rilis pers kedutaan besar Belanda di Indonesia menyebutkan bahwa Bruins Slot dan Hinsa Siberian Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia sudah menandatangani MoU peningkatan kerja sama dalam bidang siber.

Belanda menilai perekonomian, demokrasi dan masyarakat kedua negara tergantung kepada keamanan dan keandalan produk serta koneksi digital.

Ketergantungan tersebut diperkirakan meningkat pada masa mendatang. Oleh karena itu, investasi keamanan siber menjadi investasi bagi masa depan kedua negara.

Melalui kerja sama ini, Indonesia dan Belanda akan berupaya mengimplementasikan hal itu dengan aksi nyata, misalnya dengan mengadakan konsultasi siber bilateral tahunan.

Kedua negara juga sepakat membangun kapasitas dan melakukan pertukaran praktik-praktik terkait siber.

Kedua negara juga menyepakati investasi senilai 300 juta euro (Rp5,05 triliun) dalam sektor-sektor hijau seperti iklim dan energi, pertanian dan pangan, kesehatan, air dan infrastruktur.

Investasi jangka panjang ditujukan untuk menciptakan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan lingkungan yang lebih bersih dan aman sehingga menurunkan biaya layanan kesehatan. (ant/ath/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs