Senin, 29 April 2024

Jadi Jurkam Ganjar-Mahfud di Surabaya, Eri Cahyadi Bidik Pemuda untuk Sadar Politik

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Selasa (25/10/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Selasa (25/10/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Total ada 13 kepala daerah di Indonesia yang ditunjuk jadi juru kampanye (jurkam) pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD calon presiden dan wakil presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya salah satu dari tiga kepala daerah di Jawa Timur yang ditunjuk. Nama lain yaitu Hanindhito Himawan Pramana Bupati Kediri dan Mochamad Nur Arifin Bupati Trenggalek.

“Ya kalau wali kota partainya apa, pasti jadi jurkamnya, kalau saya PDIP, ya jurkam PDIP,” kata Eri, Selasa (24/10/2023).

Dalam surat DPP PDIP nomor 5640/IN/DPP/X/2023 yang ditandatangani Bambang Wuryanto dan Hasto Kristiyanto tertuang poin memerintahkan semua jurkam nasional untuk memetakan dan mengatur strategi untuk menggalang pemilih muda.

Bertanggung jawab dengan tugas itu, Eri mengaku sudah punya strategi membidik pemilih muda.

“Saya akan mengumpulkan para pemuda, untuk menyadarkan mereka, untuk menentukan pilihan negara ini,” jelasnya.

Menurutnya anak muda harus sadar politik dan ikut andil dalam menentukan masa depan negara termasuk memilih pemimpin.

“Tidak ada kemerdekaan, tidak ada proklamasi, ketika tidak ada Rengasdengklok, tidak ada kemerdekaan ketika tidak ada pemuda,” imbuhnya.

Eri ingin menyadarkan pemuda dan mengikis anggapan pemuda soal politik tidak menakutkan.

“Karena itu lah pemuda harus sadar, ikutlah berpolitik dalam hal yang santun, santai, karena politik tidak menakutkan, tapi harus diskusi oleh pemuda untuk menuju arah bangsa ini ke mana,” jelasnya lagi.

Terakhir, ia minta setiap pemuda memilih pemimpin dengan hati nurani masing-masing. Soal kriteria, ia tak banyak mengarahkan, selain yang dianggap berakhlak baik dan merakyat.

“Mereka diberikan hati oleh Gusti Allah silakan pilih, saya akan memetakan itu untuk memberikan pengetahuan-pengetahuan terkait itu,” tandasnya. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs