Selasa, 7 Mei 2024

Jokowi Presiden Resmi Buka KTT Ke-43 ASEAN

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat membuka KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Foto : Biro Pers SetPres

Joko Widodo Presiden secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Selasa, 5 September 2023.

Jokowi menyambut baik kehadiran para pemimpin negara sahabat yang akan mengikuti rangkaian KTT ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

“Selamat datang di Jakarta pada acara KTT ke-43 ASEAN. Saya dan seluruh rakyat Indonesia sangat senang menyambut kehadiran keluarga besar ASEAN,” ucap Jokowi saat membuka KTT ke-43 ASEAN.

Acara tersebut diawali dengan lagu “The ASEAN Way”. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pertunjukan lagu dan tarian yang menggambarkan kesatuan ASEAN yang mengingatkan bahwa bersama-sama negara anggota ASEAN berdiri sebagai “Epicentrum of Growth”.

Setelah melakukan foto bersama dengan para pemimpin ASEAN, Presiden menganugerahkan ASEAN Prize tahun 2022 dan 2023 kepada Youth Advocate and Community Leader Haji Muhammad Iqbal Fakhir bin Haji Damit dan Advocate of Women’s Socio-Economic Empowerment Nguyen Thi Tuyet Minh.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga meluncurkan Pusat Koordinasi ASEAN untuk Pengendalian Pencemaran Asap Lintas Batas atau ASEAN Coordinating Centre for Transboundary Haze Pollution Control (ACC THPC).

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut antara lain Ibu Iriana Joko Widodo, Puan Maharani Ketua DPR RI, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan Kao Kim Hourn Sekretaris Jenderal ASEAN.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs