Rabu, 22 Mei 2024

KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPT Tingkat Nasional Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum RI. Foto: ICW

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU, Jakarta, Minggu (2/7/2023).

“Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, rapat pleno dalam rangka penetapan daftar pemilih tetap Pemilu 2024 dinyatakan dibuka,” kata Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI waktu membuka rapat.

Melansir Antara, rapat pleno yang dimulai pukul 10.00 WIB dihadiri perwakilan kementerian, TNI, Polri, perwakilan partai politik, KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 38 provinsi, serta perwakilan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dari Kuwait dan Meksiko.

Hasyim menyebutkan, beberapa perwakilan kementerian yang hadir antara lain Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), serta Badan Strategi Kebijakan Kementerian Hukum dan HAM.

“Hari ini, Minggu, 2 Juli 2023, kita bersama-sama akan melaksanakan salah satu kegiatan penting, yaitu menetapkan rekapitulasi DPT Pemilu 2024,” ucap Hasyim.

Dia menjelaskan, kewenangan untuk menetapkan DPT menurut Undang-undang Pemilu merupakan kewenangan KPU pada tingkat kabupaten/kota. Sedangkan PPLN untuk pemilih yang berada di luar negeri.

“Itu sudah dilaksanakan dalam rentang waktu pada tanggal 20 dan 21 Juni 2023,” ujar Hasyim

Setelah itu, sambungnya, rekapitulasi DPT dilakukan secara berjenjang, mulai dari rekapitulasi oleh KPU provinsi hingga dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat nasional.

“Untuk tingkat nasional kami laksanakan hari ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Hasyim juga menyampaikan terima kasih kepada kementerian terkait serta Polri dan TNI atas koordinasi dalam mengumpulkan dan menyusun data pemilih di Tanah Air. (ant/fra/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
30o
Kurs