Selasa, 30 April 2024

KPU RI Berharap Catatan Soal Kejanggalan Daftar Pemilih Disampaikan Lebih Detail

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasyim Asy'ari Ketua KPU RI (tengah) dalam konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Foto: Antara

Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berharap catatan dan masukan berbagai pihak mengenai masalah kejanggalan data dalam penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024, agar disampaikan secara rinci kepada KPU RI.

“Kami berharap disampaikan kepada KPU, kemudian kita duduk secara bersama-sama antara KPU dan pihak yang memberikan catatan,” kata Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Kamis (22/6/2023) dilansir Antara.

Setelah catatan dan masukan itu diterima, lanjut Hasyim, KPU akan menggelar pertemuan dengan berbagai pihak terkait, seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan perwakilan Pemerintah, untuk memutuskan apakah catatan tersebut patut ditindaklanjuti atau tidak.

Menurut Hasyim, sampai saat ini masih ada sejumlah pihak yang belum memberikan secara detail data soal kejanggalan dalam penyusunan DPT Pemilu 2024.

Contohnya ada pihak yang menemukan nama penduduk dengan satu huruf masuk ke dalam daftar pemilih untuk Pemilu 2024, berdasarkan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih. Namun, laporan tersebut tidak disampaikan secara rinci terkait pemilik nama dan tempat tinggal.

“Sampai saat ini, KPU belum pernah menerima data detail. Misalnya, ada nama yang cuma satu huruf. Itu ada di mana? Siapa namanya? Itu sampai sekarang kami belum pernah mendapatkan informasi tersebut dan tidak disampaikan,” kata Hasyim.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Betty Epsilon Idroos anggota KPU RI menyampaikan pihaknya menemukan pemilih yang namanya hanya terdiri atas satu, dua, atau tiga huruf dengan menunjukkan foto kartu tanda penduduk dari para pemilih tersebut.

“Kok ada sih nama orang dengan satu huruf, dua huruf? Memang ada, lalu mau dihapus?” kata Betty.

Dia menambahkan temuan-temuan lain dari KPU, yang diduga sebagai data aneh dalam daftar pemilih, salah satunya ialah data pemilih berusia di atas 100 tahun.

“Ada juga dugaan (pemilih berusia) di atas 100 tahun, tapi ada dalam daftar pemilih kita. Lah, memang ada, lalu harus kami hapus?” tambahnya.

Dia mengatakan KPU RI optimistis tidak ada data aneh dalam DPT Pemilu 2024 yang akan ditetapkan usai rekapitulasi secara nasional dari data-data di daerah-daerah pada 2-4 Juli 2023.

“Insyaallah tidak ada data aneh dalam DPS (daftar pemilih sementara), DPSHP (daftar pemilih sementara hasil perbaikan), dan nanti tingkatkan jadi DPT,” ujar Betty. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs