Minggu, 28 April 2024

KPU Umumkan Sebelas Nama Panelis Jelang Debat Cawapres

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memberikan keterangan pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (30/11/2023). Foto : Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan sebelas nama panelis yang akan merumuskan daftar pertanyaan seputar isu dari tema debat kedua.

Hasyim Asy’ari Ketua KPU menerangkan latar belakang kesebelas panelis tersebut berkaitan erat dengan isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

“Ada pun nama-nama panelis yang sudah disiapkan oleh KPU, ada 11 orang dengan latar belakang berhubungan dengan tema debat tentunya yang secara garis besar tentang ekonomi,” ujar Hasyim, Senin (18/12/2023) dilansir Antara.

Hasyim menambahkan kesebelas panelis nantinya akan dikarantina selama tiga hari untuk merumuskan daftar pertanyaan pada debat kedua.

“Untuk tim panelis, sebagaimana yang lalu, yang besok ini juga begitu. Karena debatnya tanggal 22, maka karantina mulai tanggal 20 Desember 2023 dan sehari setelahnya,” jelasnya.

Adapun kesebelas panelis pada debat cawapres mendatang adalah sebagai berikut:

Alamsyah Saragih Anggota Ombudsman RI Periode periode 2018-2020, Adhitya Wardhono ekonom dan pengajar FEB Universitas Jember, Agustinus Prasetyantoko ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya periode 2015-2023.

Fauzan Al Rasyid Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Hendri Saparini Ekonom dan pendiri CORE Indonesia, Hyronimus Rowa Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN.

Selanjutnya Poppy Ismalina Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Retno Agustina Ekaputri Rektor Universitas Bengkulu periode 2021-2025, Suharnomo Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Lebih lanjut, Tauhid Ahmad Direktur Eksekutif INDEF dan dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan Yosa Rizal Damuri Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (13/12/2023), menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs