Sabtu, 27 April 2024

Lebih 1500 Undangan akan Hadir dalam Sidang Tahunan MPR

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI (tengah) bersama Yandri Susanto dan Fadel Muhammad dua Wakil Ketua MPR RI saat konferensi pers soal Sidang Tahunan MPR RI. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) akan menggelar sidang Tahunan MPR pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2023. Sidang Tahunan MPR tersebut akan dimulai pukul 09.30 WIB.

Demikian disampaikan Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI dalam konferensi pers di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kata Bamsoet, Sidang Tahunan MPR akan diselenggarakan dalam satu rangkaian sidang bersama DPR dan DPD yang akan dihadiri lebih kurang 1549 undangan. Di antaranya Presiden dan Wakil Presiden, Menteri, dan pimpinan Lembaga Negara.

“Antara lain presiden dan wakil presiden, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR dan DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD, Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri. Kemudian ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan DPR dengan masing-masing koalisinya, kemudian raja-raja Nusantara, ketua ormas keagamaan dan perwakilan teladan dari seluruh Nusantara,” jelasnya.

Kata dia, agenda pokok sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD Tahun 2023 adalah pidato Presiden Republik Indonesia tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Menurut Bamsoet, pokok acara sidang tahunan MPR, pertama adalah pembukaan sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD oleh ketua MPR.

Kedua, pidato pengantar ketua MPR dalam rangka sidang tahunan MPR.

Ketiga, pidato pengantar ketua DPD dalam rangka sidang bersama DPR dan DPD.

Keempat, pidato presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kelima, adalah pembacaan doa, dan persembahan lagu-lagu daerah.

Kemudian terakhir adalah penutupan sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD oleh ketua DPD.

“Setelah itu, kita break lalu dilanjutkan dengan penyampaian nota keuangan pemerintah di dalam sidang paripurna DPR RI,” kata dia.

Bamsoet menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR, untuk memastikan agenda sidang MPR 2023 berjalan lancar dan sukses, antara lain melalui rapat pimpinan majelis pada tanggal 8 Agustus 2023 dan pertemuan konsultasi majelis dengan presiden Republik Indonesia pada tanggal 9 Agustus yang lalu.

Dan untuk memantapkan persiapan, lanjut Bambang, gladi bersih sidang akan dilaksanakan Selasa tanggal 15 Agustus jam 13.00 WIB. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs