Sabtu, 18 Mei 2024
Debat Cawapres

Mahfud Sebut Pertumbuhan Ekonomi Tak Pernah Bisa Tujuh Persen Per Tahun karena Korupsi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mahfud MD Cawapres nomor urut 3 dalam debat Pilpres kedua, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar

Mahfud MD calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 dalam debat Pilpres 2024 kedua mengatakan, sangat bodoh kalau kita (bangsa Indonesia) tidak bisa menaikan pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen dalam setahun.

Hal tersebut disampaikan Mahfud, yang berkaca dari kekayaan berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia yang hebat dimiliki bangsa Indonesia.

Dia menyebut, terakhir kali pertumbuhan ekonomi bisa tujuh persen dalam setahun terjadi saat era Orde Baru, tepatnya tahun 1989-1991.

“Masalahnya apa? masalahnya banyak korupsi dan inefensiensi di sektor-sektor pertumbuhan ekonomi, yaitu di sektor konsumsi, belanja pemerintah, ekspor/impor dan investasi. Dengan demikian karena banyak korupsi dan itu memang betul terjadi,” ujar Mahfud.

Dia menjelaskan, dari hasil survei transparansi internasional korupsi terjadi di lembaga legislatif eksekutif dan yudikatif secara besar-besaran. Selain itu, korupsi juga terjadi di tiga matra alam.

“Kita ini kita menginjak bumi ada korupsi di tanah dan pertambangan, kita ke laut ada korupsi di masalah kelautan, kita melihat udara pesawat terbang kita ternyata di udara juga banyak korupsi akibatnya apa rakyat miskin,” tegasnya.

Mahfud kemudian bercerita saat berkampanye di Padang, bertemu dengan dua warga bernama Teddy dan Joni yang notabene sopir perusahaan angkutan truk, mengungkapkan tak pernah bisa mendapat subsidi minyak negara, dikarenakan dikorupsi hingga tidak pernah sampai.

“Saya juga ketemu dengan seorang sriwulan anak kecil di Parongpong Bandung Barat. Dia mengajak saya main layang-layang katanya Bapak saya ingin terbang seperti layang-layang meraih cita tapi saya tidak dapat. Kemudian saya ingat Pulau saya Madura di Madura itu kaya dengan gas alam tetapi sampai sekarang tidak pernah dioptimalkan untuk dimanfaatkan,” ungkapnya.

Untuk itu, kunci dari keberhasilan pembangunan perekonomian menurut Mahfud, adalah memberantas korupsi. Dia juga mengungkapkan para investor beberapa waktu lalu mendukungnya menjadi Wapres RI, karena sosok yang tegas sebagai penegak hukum.

“Kami kalau mau investasi di Indonesia ini diperas mau berusaha ini diperas. Kalau kami bayar padahal diperas lalu ketahuan kami ditangkap katanya kami menyuap itulah Indonesia ini pada saat ini,” jelasnya.

Pada debat cawapres penyampaian visi misi ini, Mahfud membuka dengan ucapan selamat hari ibu dan mengajak untuk mengabdi kepada Ibu Pertiwi. Kemudian, ditutup dengan mengutip ayat suci Al-Quran dan Undang Undang Dasar.

“Jangan biarkan kekayaan itu hanya beredar di kalangan orang kaya, Selesai!” tutup Mahfud.

Sebagai informasi, Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan.

Debat cawapres pertama itu akan dipandu oleh dua moderator, yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Terdapat 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.(bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs