Jumat, 19 April 2024

Megawati dan Jokowi Akan Sampaikan Pidato Tertutup di Rakernas III PDIP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP (tengah) saat konferensi pers, Senin (5/6/2023) jelang Rakernas III PDIP. Foto: Faiz suarasurabaya.net

DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III pada 6-8 Juni 2023 di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Tema Rakernas III PDIP kali ini adalah ‘Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Nagara’.

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP mengungkapkan alasan Rakernas III Partai mengusung tema soal kemiskinan yang sebagaimana amanat dari UUD Pasal 34 ayat 1.

Menurut Hasto, momentum Rakernas ini diambil bertepatan dengan Hari Lahir Ir. Soekarno Presiden Pertama RI pada 6 Juni 1901. Nilai-nilai perjuangan Bung Karno dalam menyejahterakan rakyat terus digelorakan hingga kini.

“Mengapa Rakernas III ini mengambil tema ‘Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara’? Karena Rakernas ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Lahir Bung Karno, pada 6 Juni 1901 beliau lahir, dan Putra Sang Fajar terus memberikan inspirasi dan ideologi Pancasila itu digali dari seluruh harapan bangsa Indonesia khususnya dialog dengan Bung Karno dan Pak Marhaen di Bandung Selatan,” kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Hadir juga di konferensi pers tersebut mendampingi Hasto, masing-masing Djarot Saiful Hidayat ketua DPP PDIP yang juga SC Rakernas III PDIP dan Arif Budimanta Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi.

Hasto menambahkan bahwa dalam Rakernas III PDIP ini akan dihadiri oleh seluruh jajaran DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD PDIP se-Indonesia, pimpinan kelompok Fraksi poksi dari komisi I sampai Komisi IX Fraksi PDIP.

Joko Widodo (Jokowi) Presiden dan Ganjar Pranowo Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari PDIP dijadwalkan hadir langsung dalam pembukaan Rakernas III itu.

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP juga akan menyampaikan pidato politiknya di hadapan seluruh kader PDIP.

“Pembukaan Rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan dan arahan dari Presiden Jokowi dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup,” ungkap Hasto.

Hasto beralasan, bahwa pidato dari Megawati Ketua Umum dan sambutan serta arahan Jokowi Presiden digelar tertutup karena berisi soal strategi partai berlambang banteng moncong putih itu dalam menghadapi Pemilu 2024.

Tidak hanya itu, dalam Rakernas III PDIP itu akan menyusun juga soal visi misi Ganjar Pranowo calon presiden .

“Mengingat Rakernas ini momentum yang sangat penting di dalam mempersiapkan seluruh strategi pemenangan Pemilu untuk 2024, berapa target yang realistis untuk menopang dari kepemimpinan nasional yang akan datang, dan kemudian juga bagaimana seluruh tahapan-tahapan Pemilu dapat bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya termasuk visi misi Capres yang dipersiapkan oleh partai yang akan berlangsung lebih dari 8 bulan ke depan,” papar Hasto.

“Dengan demikian dalam Rakernas ini, aspek-aspek pemerintahan ke depan, visi misinya, aspek pemenangan Pemilu, dan kemudian ideologi keberpihakan terhadap Wong Cilik itu akan dibahas secara khusus,” jelas Hasto.

Hasto menambahkan, guna memantapkan pembahasan soal mengentaskan kemiskinan, PDIP akan melibatkan Tiga Pilar Partai yang terdiri dari 128 anggota DPR RI, 464 DPRD Provinsi, ada 18 Ketua DPRD Provinsi, kemudian 3.232 anggota DRPD Kab/kota, 54 persen kepala daerah, dan 1,2 juta pengurus partai di seluruh tingkatan.

“Semua akan mendorong apa yang telah dicanangkan oleh Jokowi Presiden di dalam mengatasi kemiskinan ekstrem 0 persen pada 2024 itu dapat betul-betul berpadu. Bapak Jokowi berasal dari PDIP sehingga platform keberpihakan Wong Cilik juga akan dijalankan nantinya, di dalam perintah harian Ibu Megawati Ketum terkait dengan hal tersebut,” kata Hasto.

Dalam Rakernas III ini juga akan melibatkan kepala daerah dari PDIP untuk memberikan masukan serta strategi dalam memerangi kemiskinan di Indonesia.

Para kepala daerah yang terlibat di antaranya, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo, Hevearita Gunaryanti Rahayu Wali Kota Semarang, Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi, Capt. H. Ali Ibrahim Wali Kota Tidore Kepulauan.

“(Mereka) nanti menyampaikan bagaimana kebijakan dan perintah konstitusi perintah partai dapat dijalankan sebaik-baiknya,” ucap Hasto.

“Rakernas akan ditutup pada tanggal 8 Juni sore hari dan disitu rekomendasi-rekomendasi Rakernas akan disampaikan,” tutup Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs