Jumat, 29 Maret 2024

Eri Cahyadi, Gibran dan Kepala Daerah Lainnya Bakal Beberkan Cara Bikin Kemiskinan 0 Persen di Rakernas PDIP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP saat memberikan keterangan pers di kantor DPP PDIP, Senin (29/5/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo bersama beberapa kepala daerah dari PDI Perjuangan (PDIP) bakal menjabarkan cara untuk mewujudkan terciptanya kemiskinan 0 persen seperti diinstruksikan Megawati Soekarnoputri ketua umum.

Hal itu terungkap saat Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP menjawab pertanyaan awak media di kantor partainya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023).

Mulanya, awak media bertanya soal peluang nama cawapresnya Ganjar Pranowo akan diumumkan PDIP saat Bulan Bung Karno atau selama Juni ini.

Hasto menjawab pertanyaan itu mengatakan bahwa PDIP, selama 6-8 Juni 2023 bakal melaksanakan Rakernas III di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Menurutnya, Rakernas III menjadi momen bagi PDIP untuk memperkuat komitmen ideologis menjaga kesinambungan kebijakan era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

“Rencana Rekernas III yang diselenggarakan pada 6-8 Juni, di mana akan dibahas suatu komitmen ideologis dan kemudian memperkuat suatu kesinambungan dari legacy pemerintahan Joko Widodo Presiden terhadap capres yang diusung oleh PDIP, yaitu Bapak Ganjar Pranowo,” kata Hasto.

Dia mengatakan Rakernas III juga menjadi momen bagi para kepala daerah dari PDIP untuk membeberkan cara mewujudkan instruksi Megawati soal menciptakan kemiskinan 0 persen.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu menyebut sosok Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo hingga Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bakal membeberkan cara mewujudkan kemiskinan 0 persen di daerah mereka masing-masing.

“Di dalam pembahasan Rakernas itu akan menghadirkan beberapa kepala daerah dari PDIP seperti Mas Gibran Wali Kota Solo, Bapak Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, dan beberapa kepala daerah lainnya Bu Ipuk (Fiestiandani, red) Bupati Banyuwangi, kemudian ada Pak Captain (Ali Ibrahim, red) Wali Kota Tidore yang merupakan bagian dari kader PDIP, demikian juga kepala daerah dari Lampung dan Sulawesi,” urai Hasto.

“Semua akan membahas bagaimana para kepala daerah menjabarkan instruksi Ibu Megawati untuk mewujudkan apa yang disebut kemiskinan 0 persen,” ujar Hasto.

Selain itu, pria kelahiran Yogyakarta itu mengungkapkan momen Rakernas III PDIP akan membahas strategi pemenangan Pilpres dan Pileg 2024.

Namun, Hasto tidak memerinci soal kemungkinan nama bacawapres dari Ganjar akan diumumkan saat Bulan Bung Karno atau pada Juni ini.

Dia hanya memberi sinyal bahwa puncak perayaan Bulan Bung Karno pada 24 Juni sebagai momentum politik yang sangat penting bagi PDIP.

“Rakernas menjadi momentum yang sangat penting termasuk mempersiapkan Bulan Bung Karno yang puncaknya pada tanggal 24 Juni. Dan di dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno sebagai momentum politik yang sangat penting, akan hadir tokoh-tokoh nasional. Dan diharapkan seluruh konsolidasi partai politik yang mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden juga dapat dimaksimalkan di dalam perhelatan puncak Bulan Bung Karno tersebut,” ujar Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs