Senin, 29 April 2024

Megawati: Dukungan Partai Hanura ke Ganjar Sudah Tak Perlu Dipertanyakan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo, Megawati Soekarnoputri dan Oesman Sapta Odang saat pertemuan di kantor DPP PDIP, jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023). Foto: istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) menegaskan, jika adanya jalinan kerja sama politik dukungan Partai Hanura ke Ganjar Pranowo bakal calon presiden untuk Pilpres 2024 sudah tak perlu dipertanyakan.

Hal itu disampaikan Megawati usai  menyambut kunjungan dan lakukan pertemuan dengan Oesman Sapta Odang Ketua Umum Partai Hanura bersama jajaran Hanura di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (28/8/2023).

Megawati awalnya diberikan kesempatan oleh Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP menyampaikan sambutannya.

“Sebetulnya kalau tadi Sekjen bilang saya mesti ngomong lagi semua juga sudah tahu kalau PDI Perjuangan mengundang partai lain itu artinya ya pasti akan di akhiri oleh kerja sama,” kata Megawati.

Namun, menurutnya, wajar jika dalam kunjungan Partai Hanura kali ini digelar agak lama. Sebab, yang namanya kerja sama politik harus ditekankan bagaimana bentuknya.

“Tapi dalam hal kerja sama ini kami harus menekankan yang namanya bentuk kerja samanya sehingga tidak ada pikiran-pikiran yang menjadi berbeda,” tuturnya.

Presiden ke-5 RI itu lantas menyampaikan, jika dukungan dan jalinan kerja sama politik Hanura dengan PDIP tidak akan pernah berubah.

Bukan tanpa sebab, Megawati mengaku mempunyai hubungan yang sudah terjalin cukup lama dengan Oesman Sapta Odang Ketua Umum DPP Partai Hanura.

“Dengan beliau ini sudah maksud saya sudah apa ya nggak bisa berubah,” ujarnya.

“Jadi saya manggilnya Bang Oso aja. Padahal beliau ini lebih muda dari saya. Jadi terbalik-balik nggak jelas lah iya. Yang penting semangat dan kita menyatakan kerja sama bersama sama itu lah yang bisa saya sampaikan pada saat ini,” sambungnya.

Adapun secara terpisah, Hasto Kristiyanto mengatakan kerja sama politik yang terbangun antara PDIP dengan parpol lainnya dalam mengusung bakal capres Ganjar Pranowo karena keterbukaan, kesukarelaan dan kesamaan cara pandang tentang Indonesia.

“Hanura dibawah pimpinan Bang Oso lebih menampilkan kerja konkrit, penuh semangat, optimis dan saling melengkapi,” kata Hasto di sela-sela pertemuan PDIP dengan Partai Hanura di Kantor DPP PDIP.

Hasto pun mengatakan PDIP dan partai-partai pendukung Ganjar tetap menempatkan pentingnya komunikasi politik.

Hasto menyebutkan Ganjar Pranowo sebentar lagi akan menghabiskan waktu pengabdian sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan setelah itu akan siap berdialog dengan semua lapisan masyarakat, menampung ide, masukan dan berbicara mengenai gagasannya mengenai Indonesia ke depan.

“Karena itu, kita berharap bahwa kampanye adalah wadah untuk tarung gagasan dan ide, bukan panggung ujaran kebencian apalagi mengatasnamakan SARA,” sebut Hasto.

Kerja sama PDIP dan parpol pendukung Ganjar juga akan secara tegas mendorong  Ganjar untuk memiliki kekuatan brandingnya sendiri sebagai orang yang paling punya kapasitas melanjutkan keberhasilan pemerintahan jokowi.

“PDI Perjuangan mengapresiasi Hanura terutama atas model dukungannya yang memilih kerja di lapangan dulu, menggalang rakyat, dan baru mengadakan pertemuan yang bertepatan dengan momentum elektoral Bung Ganjar yang semakin meroket dan sudah rebound serta bergerak bersama  guna melanjutkan keberhasilan Pak Jokowi,” sebut Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs