Sabtu, 27 April 2024

Memperingati Hari Konstitusi, MPR Bahas Pemilu 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI bersama Fadel Muhammad dan Yandri Susanto Wakil Ketua MPR RI saat konferensi pers Hari Konstitusi, Senin (14/8/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI menjelaskan, selain agenda sidang Tahunan MPR 2023, MPR juga akan mengadakan agenda nasional lainnya, yaitu peringatan Hari Konstitusi.

Peringatan hari Konstitusi merupakan rangkaian dari HUT ke-78 MPR Republik Indonesia yang akan digelar pada hari Jumat 18 Agustus 2023 pukul 14.00 di gedung Nusantara IV, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Hari Konstitusi dengan tema “Pemilu 2024 Mewujudkan Demokrasi Konstitusional Yang Mempererat Persatuan Bangsa”,” ujar Bamsoet dalam konferensi pers di gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kata dia, peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR Republik Indonesia rencananya akan dihadiri oleh Joko Widodo (Jokowi) Presiden Republik Indonesia dengan beberapa pokok acara.

Di antaranya, penayangan video sejarah MPR dan kegiatan MPR, sambutan Ketua MPR, testimoni generasi Z open mic, sambutan Presiden Republik Indonesia, Pembacaan doa, kemudian yang terakhir adalah penampilan Wonderland Indonesia oleh komposer muda Alffy Rev, medley lagu-lagu daerah dan lagu nasional yang diaransemen dengan sentuhan musik elektronik.

“Kemudian peringatan Hari konstitusi pada tanggal 18 Agustus merupakan juga rangkaian kesejarahan yang tidak terpisahkan dengan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni dan hari kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus,” kata dia.

Menurut Bamsoet, tanggal 18 Agustus adalah momentum yuridis konstitusional atas kelahiran negara Republik Indonesia. Di tanggal yang sama bung Karno dan bung Hatta dilantik sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama.

Kemudian Masih dalam rangka yang peringatan HUT ke-78 MPR, lanjut Bamsoet, akan diselenggarakan pagelaran wayang kulit yang akan digelar pada hari Jumat tanggal 25 Agustus malam di lapangan sepak bola DPR.

“Kegiatan lain stand up comedy kritik MPR pada tanggal 29 Agustus dan podcast serta kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkas Ketua MPR.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs