Jumat, 26 April 2024

Palestina Akhiri Koordinasi Keamanan dengan Israel

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga Palestina berjuang mempertahankan kawasan rumahnya dari serbuan pasukan Israel di wilayah Tepi Barat, Kamis (26/1/2023). Foto: Arab News

Otoritas Palestina mengumumkan telah mengakhiri koordinasi keamanan dengan Israel sebagai respons atas pembunuhan sembilan warga Palestina di Kota Jenin, Tepi Barat.

“Mengingat agresi berulang terhadap rakyat kami dan pelanggaran atas perjanjian yang telah ditandatangani, kami menganggap bahwa koordinasi keamanan dengan pemerintah pendudukan Israel telah berakhir mulai saat ini,” kata Nabil Abu Rudeineh Juru Bicara Kepresidenan Palestina dalam pernyataan pers yang disampaikan Kamis (26/1/2023).

Abu Rudeineh menyerukan agar faksi-faksi Palestina melakukan perlawanan rakyat secara lebih damai demi melindungi warga Palestina, dan kemampuan mereka dalam menghadapi terorisme pemukim dan pasukan pendudukan Israel.

“Pimpinan Palestina memutuskan untuk segera menemui Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna meminta perlindungan internasional bagi rakyat Palestina di bawah Bab VII Piagam PBB untuk menghentikan tindakan-tindakan sepihak,” tambah Rudeineh, seperti dilansir dari Antara.

Pimpinan Palestina juga akan segera bertolak ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk menambahkan berkas pembantaian yang dilakukan oleh pasukan Israel di Jenin, yang sebelumnya telah diserahkan ke pihak mahkamah.

Sebelumnya, pasukan tentara Israel menyerbu kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat utara dan membunuh sembilan warga Palestina, termasuk seorang wanita lanjut usia (lansia), dan melukai 16 lainnya yang empat di antaranya berada dalam kondisi serius.

Koordinasi keamanan antara Israel dan Otoritas Palestina dihasilkan oleh Perjanjian Oslo, yang ditandatangani Israel dan PLO pada 1990-an. Pendirian Otoritas Palestina sendiri juga merupakan hasil dari Perjanjian Oslo.

Keputusan tersebut diambil setelah pertemuan darurat yang dipimpin Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan diikuti Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Komite Pusat Fatah, dan jajaran Pemerintah Palestina.

Kementerian Kesehatan Palestina mencatat lebih dari 170 warga Palestina tewas di Tepi Barat pada 2022 dan sedikitnya 29 orang tewas pada Januari 2023.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh PBB, 2022 menjadi tahun paling mematikan bagi warga Palestina sejak 2006. Ketegangan semakin diperparah sejak pemerintahan sayap kanan paling ekstrem Israel, yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu, mulai menjabat pada Desember 2022.(ant/dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs