Jumat, 19 April 2024

Perjalanan Karir dan Prestasi Said Abdullah Plt Ketua PDIP Jatim

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Said Abdullah Plt Ketua DPD PDIP Jatim usai mundurnya Kusnadi Ketua DPRD Jatim. Foto: Istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan menunjuk Said Abdullah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, menggantikan Kusnadi Ketua DPRD Jatim yang menduduki jabatan itu sebelumnya setelah mengundurkan diri.

Politisi senior PDI Perjuangan bernama lengkap Muhammad Haji Said Abdullah tidak sendiri dalam memimpin DPD PDI Perjuangan Jatim. Dia ditemani Budi Sulistyono atau Kanang, mantan bupati Ngawi dua periode, sebagai Ketua Pelaksana Harian (Plh).

Amanah untuk Said Abdullah dan Kanang ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) No 283/KPTS/DPP/II/2023 yang berlaku sejak Jumat (3/2/2023).

Menurut Surokim Abdussalam pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, keputusan DPP PDI Perjuangan menunjuk Said sebagai Plt DPD PDI Perjuangan Jatim sebagai keputusan yang sangat tepat.

“Saya pikir ini langkah progresif. Gerak dan langkah cepat DPP PDI Perjuangan sangat tepat, sehingga partai bisa fokus memenangkan Jatim sebagai geopolitik yang wajib dimenangkan,” kata Surokim, Senin (6/2/2023).

Diketahui, Said Abdullah dikenal sebagai politisi senior sarat akan prestasi dan kinerja terukur. Dia juga dikenal sebagai tokoh yang selalu memperjuangkan politik anggaran berjiwa kerakyatan di DPR RI, karena kapasitasnya sebagai ketua Badan Anggaran DPR RI.

Program-program perlindungan sosial selama Pandemi Covid-19, terbukti mampu menjadi bantalan ekonomi rakyat di tengah situasi sulit, juga merupakan salah satu hasil perjuangan Said Abdullah yang mengorkestrasi politik anggaran berjiwa kerakyatan di DPR.

Said Abdullah telah menjadi anggota DPR RI sejak 2004. Sejak saat itu, secara periodik politisi yang lahir 22 Oktober 1962 itu, sudah berulang kali terpilih menjadi anggota DPR RI hingga 2024. Salah satu bukti kinerjanya bisa menjawab kepercayaan rakyat pemilih di daerah pemilihannya, yaitu Masura.

Di DPR RI, Said Abdullah menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran atau Banggar untuk periode 2019-2024.

Perjalanan pendidikan, Said Abdullah menghabiskan masa sekolah dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya, Sumenep. Sejak remaja, sudah aktif berorganisasi mulai dari OSIS hingga jadi kader Banteng Muda Indonesia.

Pada 1982-1985, Said Abdullah juga pernah menjabat Ketua DPC PDI Kabupaten Sumenep. Kemudian pada 1983-1988 menjadi Sekretaris DPC PDI Sumenep, Wakil Ketua DPC PDI Sumenep pada 1988-1992 dan Ketua DPC Majelis Muslimin Indonesia Sumenep pada 1984. Karirnya terus melejit hingga kini menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs