Sabtu, 20 April 2024

PKB: Ma’ruf Amin Beri Sinyal Dukung Muhaimin Iskandar di Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jazilul Fawaid Wakil Ketua Umum DPP PKB. Foto: Antara

Jazilul Fawaid Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI telah memberikan sinyal dukungan kepada Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024.

Menurutnya, dukungan tersirat itu disampaikan Ma’ruf Amin saat membuka Ijtima Ulama Nusantara di Jakarta, Jumat (13/1/2023) kemarin.

“Sudah menjadi sinyal buat kami, kehadiran kiai Ma’ruf di forum ijtima ulama, termasuk statement bahwa ini saatnya yang muda, sudah cukup untuk menyimpulkan itu dukungan untuk Gus Muhaimin,” katanya di Jakarta, Sabtu (14/1/2023) dikutip Antara.

Hal senada disampaikan Maman Imanulhaq Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB, yang menyebut Ma’ruf Amin dalam sambutan pembukaan Ijtima Ulama menegaskan jika dia bagian dari PKB.

“Ini bagian dari anak muda, bagian Gus Muhaimin dan bagi para kiai itu merupakan dukungan, walaupun tidak secara terbuka,” ungkapnya.

Bahkan kata Maman, sejumlah kiai yang menghadiri ijtima itu meminta Ma’ruf Amin untuk menyebutkan nama Muhaimin Iskandar.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyelenggarakan Ijtima Ulama Nusantara di salah satu hotel di Jakarta pada 13-14 Januari 2023.

Acara yang digagas Dewan Syura DPP PKB ini mengambil tema “Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia”. Ijtima tersebut dibuka Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf menegaskan dirinya tidak akan maju lagi pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024. “Saya sudah tua, umur sudah masuk hampir 80 tahun,” ujarnya.

Ma’ruf menyampaikan dirinya sudah cukup tua untuk kemudian memutuskan maju kembali pada pilpres mendatang, sehingga menurutnya, kesempatan pilpres mendatang sebaiknya diberikan kepada tokoh yang lebih muda.

“Saya ini sudah cukup tua lah. Harus sudah memberikan kesempatan kepada yang lebih muda,” tegas Wapres. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs