Rabu, 17 April 2024

PKS Tetap Konsisten Perjuangkan Penolakan Sistem Proporsional Tertutup

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Akhmad Syaikhu Presiden PKS (kiri) saat di gedung KPU. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Akhmad Syaikhu Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai perubahan sistem Pemilu di tengah jalan akan merampas hak rakyat dalam memilih langsung wakilnya dalam Pemilu nanti.

Hal ini disampaikan Presiden PKS menyikapi wacana perubahan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

“Adanya wacana untuk merubah sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup di saat proses dan tahapan pemilu sudah berjalan sungguh tidaklah bijak,” ujar Syaikhu dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

Syaikhu menegaskan sistem proporsional tertutup selain menggerus hak dalam memilih langsung, rakyat juga tidak mengetahui visi misi calon wakil rakyat yang hendak dipilih.

“Sistem proporsional tertutup berpotensi akan menggerus hak dan kebebasan rakyat untuk memilih wakilnya di legislatif secara langsung dalam pemilu. Ibarat membeli “kucing dalam karung”, nasib kita 5 tahun mendatang dipertaruhkan oleh seorang caleg dimana rakyat tidak tahu siapa namanya, serta apa visi misi dan program kerjanya,” tegas Syaikhu.

Syaikhu mengatakan, perubahan sistem Pemilu akan merusak sistem yang sudah berjalan.

“Perubahan di tengah jalan akan mengacak-acak perencanaan dan sistem yang telah dirancang oleh semua unsur yang terlibat dalam pemilu, baik penyelenggara maupun peserta pemilu,” kata dia.

Lebih jauh Syaikhu menyatakan PKS secara konsisten menolak sistem proporsional tertutup dan menilai proporsional terbuka sebagai yang terbaik saat ini.

“Setiap sistem pemilu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun mempertahankan sistem pemilu tetap proporsional terbuka adalah pilihan tepat dan terbaik untuk saat ini. Oleh karena itu, PKS konsisten memperjuangkan penolakan terhadap adanya wacana perubahan sistem pemilu menjadi proporsional tertutup,” pungkasnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
29o
Kurs