Selasa, 14 Mei 2024

Prabowo: Gibran Tak Hadiri Deklarasi karena Ada Rapat di Surakarta

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta menyapa para pendukungnya yang hadir dalam acara "Indonesia Memanggil Gibran" di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) malam. Foto: Antara Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta menyapa para pendukungnya yang hadir dalam acara "Indonesia Memanggil Gibran" di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) malam. Foto: Antara

Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju, mengatakan alasan Gibran Rakabuming Raka tak hadiri deklarasi di Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam, karena ada rapat.

“Ada rapat, kalau enggak salah (terkait pembahasan) APBD,” kata Prabowo singkat menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di luar kediamannya, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Minggu malam.

Prabowo tidak menjelaskan lebih lanjut soal ketidakhadiran bakal cawapres (bacawapres)-nya itu di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta sekaligus putra sulung Joko Widodo Presiden sebagai bacawapres untuk berpasangan dengan Prabowo Subianto bacapres.

Prabowo, selepas rapat dengan ketua umum partai dan sekretaris jenderal partai anggota Koalisi Indonesia Maju di rumahnya, Jakarta, Minggu malam, mengumumkan nama Gibran diputuskan secara aklamasi.

Dia melanjutkan Koalisi Indonesia Maju mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari terakhir pendaftaran bakal capres-bakal cawapres, Rabu (25/10/2023) mendatang.

Dalam acara deklarasi itu, Gibran tidak terlihat di lokasi acara. Sejumlah elite partai anggota koalisi, di antaranya Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra menyebut dia tidak hadir karena sesi rapat.

Selain itu rapat diperuntukkan kepada ketua umum (ketum) dan sekjen partai anggota Koalisi Indonesia Maju.

“Malam ini adalah rapat ketum-ketum Koalisi Indonesia Maju, sehingga yang hadir adalah para ketum dan sekjen partai koalisi,” kata Dasco menjawab pertanyaan wartawan.

Wali Kota Surakarta itu, yang saat ini diketahui masih kader PDI Perjuangan, pada Minggu pagi, masih berada di Jakarta. Dia menyambangi kediaman Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat di Jalan Prapanca No. 10, Jakarta.

Namun selepas pertemuan, Herman Khaeron Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat mengatakan bahwa Gibran bertolak ke Surakarta, Jawa Tengah, selepas bertemu AHY.

“(Gibran) silaturahim dan sarapan pagi karena Mas Gibran itu mau ke Solo sehingga mampir dulu bertemu dengan Ketum (Ketua Umum) AHY di sini bersilaturahmi,” kata Herman.

Tidak hanya AHY, Gibran pada, Sabtu (21/10/2023), juga menyambangi rumah dinas Zulkifli Hasan Ketua Umum DPP PAN di Kompleks Menteri Widya Chandra IV/16. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs