Kamis, 2 Mei 2024

Presiden Tunggu Surat Resmi Pengunduran Diri Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhanas

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Arsip foto - Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto usai pertemuan ketua umum partai politik pengusung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Gedung High End, Jakarta, Rabu (11/10/2023). Foto: Antara Arsip foto - Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto usai pertemuan ketua umum partai politik pengusung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Gedung High End, Jakarta, Rabu (11/10/2023). Foto: Antara

AAGN Ari Dwipayana Koordinator Staf Khusus Joko Widodo Presiden menyebut, pihaknya menunggu surat resmi dari Andi Widjajanto terkait kabar pengunduran diri sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

“Masih menunggu surat resmi pengunduran diri dari Gubernur Lemhannas kepada Presiden,” kata Ari dilansir Antara pada Senin (16/10/2023).

Andi Widjajanto mengumumkan mundur dari jabatan Gubernur Lemhannas usai bergabung ke dalam struktur Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPNGP) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pengunduran diri itu harus dilakukan untuk menjaga netralitas institusi Lemhannas. Ia juga akan lebih fokus bekerja di TPNGP setelah mundur dari Lemhannas.

“Pagi tadi saya sudah pamitan di Lemhannas, mundur sebagai Gubernur Lemhannas,” ucap Andi.

Andi Widjajanto pada 11 Oktober 2023 telah ditetapkan sebagai Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) untuk Ganjar Pranowo bakal calon presiden Pemilu 2024 dari PDI Perjuangan.

Posisi Deputi Politik 5.0 adalah dapur tim utama dari TPN Ganjar. Andi mendapat penugasan langsung sebagai Deputi Politik 5.0 dari Arsjad Rasjid Ganjar Pranowo Ketua TPN.

Joko Widodo mengatakan telah mengizinkan Andi Widjajanto untuk masuk dalam TPN Ganjar Pranowo. Hanya saja, kata Presiden, perlu juga dilihat aturan yang berlaku, yakni apakah Andi harus cuti atau mundur dari jabatan Gubernur Lemhanas.

“Hanya aturannya seperti apa, nanti Pak Mensesneg, apakah harus cuti, apakah harus mundur, Pak Mensesneg. Teknis ya,” kata Jokowi pada 12 Oktober 2023.

Jokowi menyampaikan secara pribadi dirinya mengizinkan langkah Andi Widjajanto masuk TPN. “Kalau saya, saya izinkan,” ujar Jokowi.(ant/ath/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs