Jumat, 26 April 2024

Ridwan Kamil Magnet Golkar untuk Menarik Pemilih Muda dan Perempuan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar memberikan Kartu Tanda Anggota Golkar kepada Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Rabu (18/1/2023), di Jakarta. Foto: Istimewa

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar memberikan tugas kepada Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang baru bergabung sebagai Wakil Ketua Umum Golkar bidang Penggalangan Pemilih.

Herry Mendrofa Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menilai, figur Ridwan Kamil bisa memberikan dampak elektoral, serta mampu menarik pemilih muda.

“Bergabungnya Ridwan Kamil sebagai Kader Partai Golkar langkah tepat dan bisa berdampak elektoral,” ujarnya di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Menurut Herry, dukungan suara Golkar di Jawa Barat bisa kembali menguat dengan adanya figur kepala daerah yang akrab disapa Kang Emil.

“Kang Emil kan Gubernur Jabar, tentunya basis elektoral Golkar di Jabar semakin kuat pada kantong-kantong simpatisan dan massa tradisional, karena posisinya sebagai kepala daerah,” katanya.

Selain itu, keberadaan Kang Emil yang cukup populer di kalangan pemilih muda dan millenial lewat media sosial juga akan memperkuat ceruk elektoral Golkar.

“Kalau diukur dari sisi popularitas, Kang Emil cukup baik diterima di segmen pemilih muda dan perempuan. Artinya, itu juga bisa memperkuat eksistensi Golkar ke depannya,” tutur Herry.

Sementara itu, Aisah Putri Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, Golkar mendapat tambahan kekuatan dengan bergabungnya dua tokoh daerah.

Sebelum Ridwan Kamil jadi Kader Golkar, Soekarwo (Pakde Karwo) mantan Gubernur Jawa Timur hengkang dari Partai Demokrat.

“Pakde Karwo dan RK merupakan politikus populer dan berpengaruh di dua wilayah signifikan untuk peta politik nasional, terutama karena Jabar dan Jatim merupakan dua dapil terbesar di Indonesia. Itu akan menguntungkan Golkar menjelang Pemilu 2024, karena keduanya bisa menjadi aktor kunci untuk mendorong kemenangan Golkar dalam Pileg atau Pilpres,” ucapnya.

Dua tokoh tersebut, lanjut peneliti yang akrab disapa Puput, juga bisa menjadi juru kampanye dan aktor penentu strategi pemenangan di Jateng dan Jatim.

“Saya yakin Pakde Karwo dan RK ke depannya akan menjadi politkus yang semakin berpengaruh di level nasional. Secara khusus, potensi RK sangat kuat kalau Golkar berhasil memaksimalkan potensinya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil sudah resmi menjadi Kader Partai Golkar. Bergabungnya Kang Emil diumumkan Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar, Rabu (18/1/2023), di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs