Selasa, 7 Mei 2024

Sambut Langsung Kaisar Naruhito, Dubes Heri: Ini Puncak Simbol 65 Tahun Eratnya Hubungan Indonesia-Jepang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kaisar jepang Hironomiya bersama Permaisuri Masako disambut Dubes Heri Akhmadi dan Ibu Nuning Akhmadi. Foto: KBRI Tokyo

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Nuning Akhmadi istrinya menyambut langsung kedatangan Hironomiya Naruhito Kaisar Jepang bersama istrinya Permaisuri Masako di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada Sabtu (17/6/2023).

Kaisar Naruhito lahir di Tokyo pada (23/2/1960), kemudian naik takhta pada (1/5/2019) untuk melanjutkan kepemimpinan ayahnya Kaisar Akihito yang turun takhta pada (30/4/2019). Kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia ini merupakan kali kedua Kaisar Jepang berkunjung ke Indonesia yang sebelumnya pada (31/10/1991), Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko melakukan kunjungan resmi ke Indonesia.

Selain Dubes Heri Akhmadi, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , Kanasugi Kenji Duta Besar Jepang untuk Indonesia , Yasuo Fukuda mantan Perdana Menteri Jepang dan Andy Rachmianto Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara (KPN) juga turut menyambut Kaisar Naruhito. Kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga disambut meriah dengan kibaran bendera-bendera Jepang dan Indonesia oleh putra dan putri warga Jepang yang berada di Indonesia.

“Kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menandakan semakin eratnya hubungan Indonesia dan Jepang. Hal ini merupakan puncak simbol penguatan lebih luas hubungan persahabatan kedua negara yang sudah berusia 65 tahun. Ini bertepatan pula dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN dan 50 tahun hubungan kerja sama ASEAN-Jepang,” ujar Dubes Heri.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako bertolak dari Tokyo, Jepang menuju Jakarta pada hari Sabtu, pukul 11.00 JST dari Bandara Haneda dan dilepas langsung oleh John Tjahjanto Boestami dan Ibu Augustina Boestami Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo.

Selama di Indonesia, Kaisar bersama Permaisuri selain akan dijadwalkan bertemu dengan Joko Widodo Presiden pada Senin (19/6/2023), juga akan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019. Selanjutnya, Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako akan berada di Indonesia hingga (23/6/2023) mendatang. (fra/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs