Selasa, 30 April 2024

Sikap PKB Soal Koalisi akan Ditentukan Sore Ini di Surabaya

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jazilul Fawaid Wakil Ketua Umum PKB (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor DPP PKB, Jumat (1/9/2023). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Jazilul Fawaid Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjelaskan, Rapat Pleno DPP bersama Dewan Syuro dan Dewan Tanfidz akan menyampaikan sikap akhir dari PKB dalam rapat yang lebih besar.

Kata Gus Jazil, rapat akan digelar pukul 15.00 WIB di Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Jadi finalisasinya nanti di Surabaya, rapatnya akan diselenggarakan jam tiga hari ini di Surabaya,” kata Jazil di kantor DPP PKB usai Rapat Pleno, Jumat (1/9/2023).

Terkait apakah nanti akan ada deklarasi sikap di Surabaya, dia mengaku masih akan menanti apa yang diputuskan pada rapat sore nanti. Tapi, ia membenarkan, rapat pleno di Jakarta memang berjalan cukup alot.

Jazil mengungkapkan, baik perwakilan Dewan Syuro maupun perwakilan Dewan Tahfidz sama-sama memberikan argumentasi yang kuat. Karenanya, mereka membutuhkan rapat lagi di Surabaya dalam rangka finalisasi sikap PKB.

“Syuro maupun Tahfidz, alot, dan pada ujungnya, keputusannya akan ada finalisasi,” ujar Jazil.

Meski begitu, ia membenarkan, pembahasan ini dimulai memang dari tawaran kerja sama yang datang dari Partai Nasdem. Walaupun belum secara detail menerangkan tawaran yang dimaksud, PKB menyambut baik tawaran tersebut.

“Hari ini semuanya menyambut baik tawaran kerja sama dari Partai Nasdem,” kata Jazilul.

Terkait Koalisi Indonesia Raya atau Koalisi Indonesia Maju (KIM), Jazil menyampaikan, jika keputusan di Surabaya sudah bulat, PKB dengan sendirinya akan pamit dari poros Prabowo Subianto. Tetapi Jazil belum bisa memastikan teknis PKB berpamitan dengan KIM.

Untuk rapat pleno sendiri membahas semua dinamika yang berkembang mulai dari muktamar sampai perkembangan terbaru PKB. Jazil menegaskan, sudah saatnya PKB maju untuk mengambil keputusan terkait Pilpres 2024.

Apalagi, ia membenarkan, sudah ada tawaran kerja sama dari Partai Nasdem. Meski begitu, Jazil menegaskan, sikap PKB tetap akan difinalisasi dalam rapat yang akan digelar di Surabaya, Jumat sore.

“Kita menyambut baik tawaran kerja sama dari Nasdem, dan tentu tawaran kerja sama akan didetailkan, difinalisasi dengan rapat yang lebih luas, baik di PKB maupun pihak lain, termasuk konsultasi dengan para kiai,” pungkas Jazil.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs