Kamis, 16 Mei 2024

Sinergi dengan Bawaslu, Pemkot Surabaya Siapkan Bantuan Sarpras Penunjang Pemilu 2024

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Jumat (11/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap membantu sarana dan prasarana penunjang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu Kota Surabaya, untuk memaksimalkan pelaksanaan proses pemilu.

“Kami telah membangun sinergi dengan Bawaslu Surabaya. Tidak hanya di tingkat kota, tetapi sampai di tingkat kecamatan maka sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan, teman-teman (OPD) saya minta untuk cek, sehingga pelaksanaan pengawasan oleh Bawaslu bisa jauh lebih baik dalam persiapan ketika masa kampanye sampai masa pencoblosan nanti,” kata Eri, Selasa (29/8/2023).

Atas sinergitas yang dibangun, Eri berharap partisipasi masyarakat semakin meningkat demi menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Juga bentuk menjaga keamanan dan ketertiban menuju pemilu serentak.

“Di situlah masyarakat akan percaya kepada pemerintah dalam menjalankan pemerintahannya nanti usai terpilih,” ujar dia.

Muhammad Agil Akbar Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya juga berharap harmonisasi dengan pemerintah daerah, akan meningkatkan sosialisasi dan partisipasi pemilih.

“Peraturan Bawaslu yang baru adalah bagaimana pola hubungan kita meningkatkan sosialisasi, peningkatan partisipasi, serta membangun jaringan kerja sama yang baik dengan Pemkot Surabaya,” kata Agil.

Selain meningkatkan partisipasi pemilih, sinergitas juga untuk mencegah pelanggaran.

“Kecamatan se-Surabaya sampai 31 dengan kondisi yang sangat dinamis, tanpa dukungan pemerintah daerah akan susah. Salah satu jalan yang paling efektif adalah bekerja sama dengan Pemkot Surabaya dan output-nya adalah pencegahan pelanggaran,” pungkasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
27o
Kurs