Senin, 29 April 2024

Temui Santri Gresik, Mahfud MD Yakinkan Lulusan Ponpes Bisa Jadi Pemimpin Negara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mahfud Md Cawapres saat menghadiri acara Majelis Zikir dan Peringatan Haul Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlah KH. Ahmad Maimun Adnan ke-9 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (24/12/2023). Foto: Antara/ Tim Media Ganjar-Mahfud

Mahfud Md calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 memberikan motivasi kepada para santri di seluruh Indonesia agar belajar dengan optimal, karena banyak pemimpin Indonesia yang merupakan lulusan pesantren.

“Saya ini lulusan pesantren, Gus Dur (Presiden RI ke-4), Kyai Ma’ruf Amin (Wakil Presiden) juga lulusan pesantren bisa mengelola negara, maka belajarlah baik-baik di pesantren,” kata Mahfud saat menghadiri Majelis Zikir dan Peringatan Haul Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlah KH Ahmad Maimun Adnan ke-9 di Gresik, Jawa Timur, Minggu (24/12/2023).

Dilansir Antara, Mahfud mengatakan masa depan Indonesia tidak hanya terdapat di sekolah-sekolah umum, tetapi juga terletak di pesantren. Terlebih, menurutnya pendidikan pesantren tidak hanya memberi ilmu pengetahuan tetapi juga memberi fundamental moral.

“Orang pesantren itu biasanya tawaduk, tidak serakah dan tidak sewenang-wenang, karena landasan moralnya sudah kuat,” kata Mahfud yang merupakan lulusan Ponpes Al-Mardliyyah, Kabupaten Pamekasan, Jatim.

Menurut pria yang juga Menkopolhukam itu, pesantren telah memberi sumbangan besar terhadap kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, lanjutnya, kesejahteraan guru pesantren harus juga diperhatikan.

“Saya lulusan pesantren, saya juga merasa cukup tahu kebutuhan-kebutuhan pesantren,” kata dia.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023 lalu, telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs