Minggu, 28 April 2024

129 Posko Siaga Kelistrikan di Jatim Jamin Keandalan Pasokan Listrik Selama Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Personel posko siaga PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur berbincang-bincang dengan perwakilan KPU Kabupaten Sidoarjo. Foto: PLN

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) menyiapkan personel di 129 posko siaga tersebar se-Jatim guna mendukung kelancaran Pemilu.

Agus Kuswardoyo General Manager PLN UID Jatim menyatakan posko pengamanan kelistrikan ini berada di kantor Unit Induk, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan hingga Unit Layanan Pelanggan untuk memastikan langkah preventif dan identifikasi potensi gangguan dan percepatan pengamanan.

“Untuk masing-masing lokasi pengamanan kami membagi pengamanan menjadi lapis satu hingga tiga. Khusus Tempat Perhitungan Suara Tingkat Provinsi kami memberikan pengamanan listrik 3 lapis berasal dari jaringan listrik PLN, UPS PLN, Genset PLN ataupun pelanggan. Selain itu 4.782 personel yang terdiri dari pegawai dan tenaga alih daya juga bersiaga on site,” tambah Agus dalam keterangannya diterima suarasurabaya.net, Rabu (14/2/2024).

Saat ini lokasi pengamanan terdiri dari masing masing satu untuk KPUD dan Bawaslu tingkat provinsi, 38 untuk tingkat kabupaten/kota, dan lokasi – lokasi TPS di tingkat desa maupun kelurahan. Personel PLN melaporkan secara berkala kondisi sistem di masing-masing lokasi untuk memitigasi risiko.

Personel dilengkapi dengan peralatan pendukung siaga diantaranya 199 Unit Gardu Bergerak (UGB), 452 Motor Unit Layanan Cepat, 49 Uninterruptible Power Supply (UPS), 88 Unit Genset Mobile, 12 Unit UKB, 14 Unit Crane dan 16 Unit Skylift.

Adapun perwakilan KPU Sidoarjo turut mengapresiasi kesiapsiagaan personel PLN amankan pasokan listrik hingga penghitungan suara usai nanti malam.

“Alhamdulillah lancar tidak ada kendala apa-apa. Terima kasih PLN,” ucapnya.

Jumlah TPS se Jatim ada sebanyak 120.666, termasuk TPS lokasi khusus (loksus) sebanyak 416. TPS loksus ini di antaranya ada di pondok pesantren, kemudian ada juga di yang di lembaga pemasyarakatan (Lapas). (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs