Minggu, 28 April 2024

32 TPS di Jatim Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi TPS 31 di RW 5, Kelurahan Jemurwonosari, Kecamatan Wonocolo Surabaya. Foto: Wildan suarasurabaya.net Ilustrasi TPS 31 di RW 5, Kelurahan Jemurwonosari, Kecamatan Wonocolo Surabaya. Foto: Wildan suarasurabaya.net

KPU Jawa Timur menyebut 32 TPS di sejumlah kabupaten/kota di Jatim harus melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) karena ditemukan sejumlah pelanggaran Pemilu.

Insan Qoriawan Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan menyatakan, kegiatan PSU paling banyak digelar di wilayah Bangkalan Madura dengan jumlah 12 TPS.

“Surabaya sepuluh TPS, Kota Madiun satu TPS, Kota Probolinggo dua TPS, Bangkalan 12 TPS, Malang empat serta Jombang, Sampang, dan Trenggalek masing-masing satu TPS,” ujar Insan pada Senin (19/2/2024).

Pelaksanaan PSU di masing-masing TPS bakal digelar paling lama sepuluh hari pascapemungutan suara 14 Feburari atau maksimal 24 Februari 2024.

Insan menjelaskan, PSU digelar karena ada pelanggaran maupun kesalahan saat pemungutan suara.

Contohnya di salah satu TPS di Surabaya, ditemukan surat suara yang dibagikan tertukar dengan Daerah Pemilihan (Dapil) lain, sehingga harus dilakukan PSU.

Di sisi lain KPU Kota Surabaya sudah mengajukan ke KPU RI penyelenggaraan PSU untuk sepuluh TPS di Kota Pahlawan.

Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya menyebut kesepuluh TPS diajukan untuk PSU pada Sabtu (24/2/2024) mendatang, atau saat hari terakhir batas PSU sesuai regulasi.

Perencanaan itu, lanjutnya, sudah dilaporkan berjenjang mulai dari KPU Jawa Timur lalu ke KPU RI, setelah rapat pleno.

“Insyaallah tangggal 24 (Februari), hari terakhir seusai batasan sepuluh hari setelah pelaksanaan pemungutan suara (14 Februari), PSU akan kami lakukan. Tapi ini masih dengan mengusulkan kami sampaikan ke pimpinan,” bebernya.

Syamsi mengaku, sampai saat ini masih menunggu keputusan dari KPU RI,terkait perencanaan itu disetujui atau justru digelar maju dari yang diajukan.

“Kita tunggu hasil laporan itu. Perencanaannya pasti. Tapi, pelaporan harus kami lakukan dulu. (Karena) pengadaan (logistik untuk PSU) bukan di kami,” ucapnya.(wld/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs