Senin, 29 April 2024

Bertemu Hasto, Para Ulama dan Kiai Kampung Sebut Debat Capres Terakhir Ganjar Ambil Alih Kepemimpinan Prabowo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
menghadiri acara deklarasi para ulama dan kiai kampung untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD di kawasan Cilandak, Jakarta, Jumat (12/1/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) menilai Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 telah mengambil alih kepemimpinan dari Prabowo Subianto Capres nomor urut 2 dalam debat capres ketiga.

Pasalnya, kata Hasto, Ganjar berhasil menunjukan kemampuannya dalam menjabarkan strategi pertahanan RI.

Namun, Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) justru tak bisa menjelaskan secara baik soal pertahanan.

Hal itu disampaikan Hasto ketika bertemu dengan Forum Para Ulama dan Kiai Kampung di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Hasto mendapat masukan soal debat Capres yang berlangsung pada 7 Januari lalu dengan dengan tema Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional dan globalisasi, serta geopolitik dan politik Luar Negeri.

“Tadi saya berdialog dulu dengan KH. Zainal Arifin (Ketua Forum Ulama dan Kiai Kampung), banyak masukan bahwa dengan debat yang terakhir, antara Pak Anies, Pak Prabowo, dan Pak Ganjar, yang mengambil tema yang seharusnya daya unggul kepemimpinan pak Prabowo ternyata dari penilaian kiai kampung, itu Pak Ganjar Pranowo mampu mengambil alih kepemimpinan dari Pak Prabowo dalam bidang pertahanan,” kata Hasto usai menghadiri acara deklarasi para ulama dan kiai kampung untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD di kawasan Cilandak, Jakarta.

Dalam diskusi itu, Hasto juga mendapat masukan bahwa dengan penampilan debat capres kemarin, para ulama dan kiai kampung serta masyarakat mengetahui wawasan Prabowo soal pertahanan.

Sehingga, akan muncul petanyaan dari masyarakat soal kapasitas Prabowo dalam memimpin.

“Jadi, selama ini kemudian rakyat bertanya, kalau Pak Prabowo menjadi Menhan tapi tidak memahami tentang politik pertahanan, bagaimana mau menjadi presiden?” ungkap Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud ini.

Politisi asal Yogyakarta ini juga mengungkapkan, para ulama dan kiai kampung mengakui kemampuan Ganjar Pranowo dalam menguasai aspek geopolitik, pertahanan, keamanan, politik luar negeri.

Di mana, telah mengambil alih kepemimpinan dari Prabowo di bidang pertahanan.

“Ini dari mereka (ulama dan kiai kampung) yang diungkapkan kepada saya,” jelas Hasto. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs