Minggu, 28 April 2024

Cak Imin Soroti Lebih Banyak Tenaga Kerja Asing di Industri Nikel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden RI nomor urut 1 dalam debat keempat pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 menyoroti industri nikel yang menurutnya lebih banyak mempekerjakan tenaga kerja asing daripada tenaga kerja Indonesia.

“Saya setuju bahwa potensi sumber daya alam kita harus terus dipromosikan,” terang pria yang akrab disapa Cak Imin itu dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Minggu (21/1/2024) malam.

“Tetapi harap dicatat, gara-gara kita mengeksplorasi nikel ugal-ugalan, lalu hilirisasi tanpa mempertimbangkan ekologi, mempertimbangkan sosialnya, buruh kita diabaikan, malah banyak tenaga kerja asing, dan juga yang terjadi korban kecelakaan,” imbuh Cak Imin.

Di sisi yang lain, Cak Imin menyatakan bahwa pemasukan dari nikel juga sangat kecil. “Ini menjadi pertimbangan. Dan yang paling parah, nikel kita berlebih produknya,” sebutnya.

Cak Imin juga menyebut Indonesia memiliki setidaknya 2.500 tambang ilegal, mengutip data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar Sulawesi Tengah pertumbuhan ekonominya bisa sampai sekarang bisa 13 persen, tinggi sekali. Tetapi rakyatnya tetap miskin dan tidak bisa menikmati. Hilirisasi apa yang kita lakukan sementara, pertambangan ilegal masih terus berlangsung,” bilang Cak Imin.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres untuk cawapres kali ini adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam dan energi, lingkungan hidup, energi, pangan, dan masyarakat adat dan desa.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti Editor in Chief SCTV dan Zilvia Iskandar news anchor Metro TV. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs