Minggu, 28 April 2024

Muhaimin Sebut Anggaran untuk Atasi Krisis Iklim di Indonesia Masih di Bawah Sektor Lain

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden RI nomor urut 1 dalam debat keempat pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 menyoroti anggaran untuk mengatasi krisis iklim di Indonesia yang dinilai jauh di bawah anggaran sektor-sektor lainnya.

Hal itu disampaikan Muhaimin dalam penyampaian visi dan misi di debat keempat Pemilihan Umum (Pemilu) 2023 di Jakarta Convention Center, Minggu (21/1/2024) malam.

Menurut Muhaimin, krisis Iklim harus dimulai dengan etika. Ia menyebut etika lingkungan intinya keseimbangan antara manusia dan alam.

“Akan tetapi kita menyaksikan bahwa kita tidak seimbang dalam melaksanakan pembangunan kita. Kita melihat ada yang namanya krisis iklim tidak diatasi dengan serius. Bahkan kita ditunjukkan bahwa anggaran mengatasi krisis iklim jauh di bawah anggaran sektor-sektor lainnya,” ujar Muhaimin.

Selain itu, Muhaimin juga menyinggung hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) di bidang pertanian terkait petani rumah tangga gurem. Petani gurem adalah rumah tangga pertanian yang mengusahakan lahan pertanian kurang dari 0,5 hektare.

“Merujuk BPS, petani gurem berjumlah hampir 3 juta. Ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektar. Sementara ada seseorang yang memiliki tanah 500 ribu hektar sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya,” terangnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres untuk cawapres kali ini adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam dan energi, lingkungan hidup, energi, pangan, dan masyarakat adat dan desa.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti Editor in Chief SCTV dan Zilvia Iskandar news anchor Metro TV. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs