Minggu, 21 Juli 2024

Emil Tunggu Khofifah Pulang Haji untuk Bahas Partai yang Belum Beri Rekomendasi Pilkada Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Emil Elestianto Dardak Ketua DPD Demokrat bersama Rizki Sadig Ketua DPW PAN Jatim waktu ditemui usai menggelar pertemuan, Kamis (20/6/2024) kemarin. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Emil Elestianto Dardak yang digadang menjadi Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), menunggu kepulangan Khofifah Indar Parawnsa Bakal Calon Gubernur Jatim dari Tanah Suci untuk membahas rekomendasi dukungan partai di Pilkada 2024.

Pembahasan itu terkait sejumlah partai yang belum memberi rekomendasi dukungan kepada Khofifah-Emil. Antara lain adalah PDI Perjuangan, PKB, Nasdem, dan PKS.

“Kalau bicara soal itu (komunikasi dengan partai lain) lebih baik sama Bu Khofifah ya. Kami tentu ada komunikasi tapi lebih tepat, kita bahas saat Bu Khofifah kembali dari Ibadah Haji,” ucap Emil ketika ditemui di Kantor DPW PAN Jatim, Surabaya pada Rabu (19/6/2024) malam.

Meski begitu, Emil sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim telah menjalin komunikasi dengan seluruh partai di Jatim. Baik untuk kepentingan politik di Pilgub Jatim maupun Pilkada 38 Kabupaten/Kota.

Dalam waktu dekat Emil mengaku akan segera bertemu dengan jajaran PKS Jatim. Namun silaturahmi Demokrat-PKS itu dalam konteks kepentingan Pilkada kabupaten/kota.

“Partai Demokrat punya keleluasaan untuk menjalin komunikasi dengan seluruh partai-partai yang ada di Jatim. Contohnya dengan PKS. PKS berkunjung ke tempat kami, kemudian kami akan berkunjung ke PKS,” jelasnya.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa berharap momen Pilkada Jatim 2024 menjadi ajang rekonsiliasi semua partai politik yang sebelumnya berkontestasi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketum PP Muslimat NU itu menyatakan, rekonsiliasi partai politik yang dia maksud bertujuan untuk kepentingan pembangunan Provinsi Jawa Timur.

“Kita berharap Jatim menjadi format rekonsiliasi nasional, referensinya ada di Jatim. Yang saya maksud rekonsiliasi adalah para afiliasi partai pengusung di pilpres itu semaksimal mungkin bisa membangun keberseiringan di Jatim ini,” ujar Khofifah di temui di kediamannya di Surabaya, Kamis (6/6/2024) silam.

Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 itu menyebut, proses rekonsiliasi parpol menjelang bergulirnya Pilkada Jatim tengah berlangsung.

Khofifah mencontohkan, seperti partai PPP hingga Perindo yang sudah menyatakan dukungan ke diringan dan Emil dalam pertarungan Pilkada Jatim nanti.

Padahal Perindo dan PPP berafiliasi di kubu Ganjar-Mahfud, berbeda dengan Khofifah yang mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 kemarin.

“Beberapa waktu lalu DPW PPP Jatim sudah memberikan dukungan dalam paket Khofifah-Emil, Perindo juga memberikan dukungan paket Khofifah-Emil,” ungkapnya.

Khofifah mengaku, dalam beberapa waktu ke depan masih akan ada lagi partai-partai lain yang akan segera merapa ke dirinya dan Emil untuk bersatu di gelaranPilgub Jatim.

“Insya Allah akan ada partai lain yang kemarin kami baru koordinasi lagi di Jakarta,” tuturnya. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs