Sabtu, 27 April 2024

Khofifah Minta Tak Ada Euforia Berlebihan untuk Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran waktu berada di Kantor TKD Jatim. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, hasilnya Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paslon 02 menang dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,6 persen, dari total suara sah nasional.

Atas hasil tersebut, Khofifah Indar Parawansa selaku Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) mengaku bersyukur atas penetapan hasil Pemilu 2024 dengan kemenangan pasangan Prabowo-Gibran.

Meski demikian, Khofifah mengimbau kepada seluruh pendukung Prabowo-Gibran supaya tidak melakukan euforia berlebihan saat merayakan kemenangan.

“Alhamdulillah hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. 96 juta lebih pemilih mempercayakan paslon Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden,” ungkap Khofifah di kediamannya, Jemursari, Surabaya, Kamis (21/3/2024).

Mantan Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 ini juga meminta semua pihak termasuk para pesaing bisa menerima hasil pemilu. Sedangkan bagi pendukung Prabowo-Gibran, Khofifah minta cukup dengan menyalurkan doa.

“Saya berharap semua pihak bisa mengendalikan diri dan menerima hasil Pemilu 2024 dengan bijak. Bagi pendukung, simpatisan, relawan Prabowo-Gibran sebaiknya tidak perlu ada euforia berlebihan saat merayakan kemenangan. Cukup doakan saja,” tambah dia.

Sementara itu, kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, Khofifah berpesan untuk kembali bersatu meski berbeda pilihan.

Menurut Khofifah, ini adalah upaya rekonsiliasi massal yang harus dilakukan di tingkatan elit politik, tokoh masyarakat, hingga masyarakat luas.

“Pemilu sudah selesai, saatnya kita kembali bergandengan tangan, hidup rukun dan damai, serta merajut hubungan yang mungkin sempat kusut karena perbedaan pilihan politik,” pungkas Khofifah.

Sebagai informasi Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang dalam Pilpres 2024 berdasarkan hasil rekapitulasi suara 38 provinsi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Keputusan itu ditetapkan Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI, dalam Keputusan KPU bernomor 360/2024 pada rapat pleno pengumuman rekapitulasi nasional Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024).

Hasilnya, Prabowo-Gibran menang di 36 dari 38 provinsi di Indonesia. Mereka juga unggul dalam pemungutan suara di luar negeri. Dua provinsi lainnya dimenangkan oleh Anies-Muhaimin. Sementara itu, Ganjar-Mahfud tak menang di provinsi mana pun. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs