Senin, 22 Juli 2024

Komisi II DPR Segera Panggil KPU untuk Evaluasi Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Komisioner KPU RI ketika menggelar rapat pleno rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024), di Kantor KPU, Jakarta. Foto: Istimewa

Komisi II DPR RI memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta lembaga lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu untuk menggelar rapat evaluasi Pemilu 2024 pada 15 Mei mendatang.

“Lanjutan rapat masa sidang kemarin,” kata Ahmad Doli Kurnia Ketua Komisi II DPR RI dilansir dari Antara pada Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, sejumlah lembaga yang diundang masih sama seperti rapat sebelumnya, yakni KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan Kementerian Dalam Negeri.

Pada masa sidang sebelumnya, Komisi II DPR RI menggelar rapat terkait dengan Pemilu 2024 di parlemen, Senin (1/4/2024). Namun, rapat itu ditunda karena ketidakhadiran perwakilan dari KPU.

Sementara itu, anggota Guspardi Gaus Komisi II DPR RI mengatakan bahwa pada rapat evaluasi tersebut banyak hal yang bakal dikonfirmasi ke KPU terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal yang bakal dikonfirmasi, kata dia, antara lain terkait dengan bermacam-macam anggapan masyarakat mengenai penyelenggaraan Pemilu 2024. Selain itu, legislator di Komisi II bakal mengonfirmasi terkait dengan isu yang menerpa Hasyim Asyari Ketua KPU RI.

“Fungsi pengawasannya juga bakal kami pertanyakan. Kenapa mandul? Kenapa tidak memberi sanksi?” kata Guspardi saat dihubungi terpisah. (ant/azw/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
26o
Kurs