Kamis, 18 April 2024

KPU Surabaya Jadwalkan Rekapitulasi Tingkat Kota Mulai Rabu Besok

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suprayitno Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Selasa (27/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net Suprayitno Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Selasa (27/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menjadwalkan rekapitulasi berjenjang tingkat kota dimulai besok, Rabu pagi (28/2/2024).

Suprayitno Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya menyebut sesuai PKPU 5 Tahun 2024, jadwal rekapitulasi tingkat kota mulai 17 Februari hingga 5 Maret 2024.

“Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara di KPU Surabaya kami agendakan 28 Februari 2024 pukul 09.00 WIB di lantai tiga,” katanya ditemui suarasurabaya.net, Selasa (27/2/2024).

Sementara ada tiga kecamatan yang terkonfirmasi akan menyetorkan hasil rekapitulasinya ke KPU Surabaya hari ini.

“Pakal, Lakasantri, Benowo. Kami tunggu sampai malam apakah mereka jadi mengirim apa tidak, mengingat komunikasi dengan Panwascam, saksi lintas partai dan saksi paslon itu harus dipastikan benar-benar clear di tingkat kecamatan. Sehingga rekap tingkat kota itu soft, artinya tidak ada lagi potensi tingkat kecamatan di bawa naik ke tingkat kota. Ini pun menjadi perhatian kepolisian agar nantinya rekap kota adem suasananya, karena sudah gladi bersih, dan memastikan tidak ada potensi keriwehan saat rekap kota,” beber Nano.

Mekanismenya, mendahulukan rekapitulasi satu kecamatan baru menyusulkan kecamatan lain. Bagi kecamatan yang belum selesai, diberi waktu terakhir 2 Maret 2024.

“Batasan rekap kota sampai maksimal 5 Maret. PPK sampai tanggal 2 Maret,” imbuhnya.

Pelaksanaan rekapitulasi tingkat kota, lanjutnya, berlangsung terbuka, dengan disiarkan secara langsung.

“Pedoman teknis rekap itu dibunyikan bahwa KPU kabupaten kota harus menyediakan layanan live streaming melalui akun sosmed masing-masing. Publik Surabaya tidak harus datang berbondong-bondong ke Kantor KPU Surabaya, karena bisa memunculkan potensi yang tidak diinginkan, alangkah baiknya dan bijaknya bisa menyimak di HP masing-masing lewat akun sosmed KPU Surabaya,” imbuhnya lagi.

Sebagai antisipasi, KPU sudah berkoordinasi dengan kepolisian, untuk melakukan pengamanan sepanjang rekapitulasi digelar.

“Kepolisian udah menyampaikan ke kami akan mendirikan tenda atau pasukan di area KPU Surabaya bahkan koordinasi dengan DPKP, Satpol PP,” katanya lagi.

Massa diprediksi akan hadir menyaksikan rekapitulasi, sehingga Jalan Indragiri akan dijadikan kolam penampung massa.

“Artinya massa sudah diantisipasi, diprediksi bakal hadir, bisa saja mereka menyampaikan euforia terkait pihak yang didukungnya itu unggul, meskipun rekap provinsi dan nasional belum ditetapkan. Ini menjadi perhatian kepolisian,” tandasnya. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs