Sabtu, 27 April 2024

KPU Umumkan 12 Nama Panelis Debat Terakhir Pilpres 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
August Mellaz Anggota KPU RI saat ditemui usai rapat final koordinasi penyelenggaraan debat kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1/2024). Foto: Antara. August Mellaz Anggota KPU RI saat ditemui usai rapat final koordinasi penyelenggaraan debat kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1/2024). Foto: Antara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 12 nama panelis pada debat terakhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yang bakal diikuti oleh tiga calon presiden (Capres) di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2/2024) mendatang.

Antara melansir, August Mellaz Anggota KPU RI saat ditemui seusai rapat final koordinasi penyelenggaraan debat kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1/2024), mengatakan 12 nama panelis mengkonfirmasi kesediaan mereka dan akan menjalani karantina dua hari sebelum acara debat, yakni pada Jumat (2/2/2024).

Para panelis itu terdiri atas mayoritas akademisi dan beberapa diantaranya merupakan praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil, yakni Prof. Dr. Aminuddin Syam (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin), Prof. Asep Saepudin Jahar (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027), Bahruddin (Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah), dan Damar Juniarto (Akademisi di UPN Veteran Jakarta).

Lalu, Prof. Emiritus PM Laksono (Guru Besar Antropolog, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada), Imam Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia), Onno widodo Purbo (Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor institut Teknologi Tangerang Selatan), Reni Kusumowardhani (Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia).

Kemudian, Timboel Siregar (Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia); Tolhas Damanik (Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access); Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta); dan Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D. (Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia).

Isu-isu yang diangkat pada debat ke lima Pilpres, antara lain kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV dan Net TV. Debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di JCC Senayan, pada tanggal 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir. (ant/ike/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs