Senin, 29 April 2024

KPU RI Optimistis Partisipasi Pemilu 2024 Meningkat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto : Istimewa

Idham Holik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI optimistis partisipasi dalam Pemilu 2024 meningkat dibandingkan lima tahun sebelumnya.

“Kita bisa lihat bagaimana potensi partisipasi, saya meyakini partisipasi akan lebih baik, baik dari sisi kuantitas maupun dari sisi kualitas,” ucap Idham dilansir Antara, Senin (29/1/2024).

Menurutnya, gambaran antusiasme masyarakat terutama pemilih muda tercermin dari konten-konten yang ada di media sosial.

Adapun, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat terjadi penurunan konten hoaks yang beredar selama masa kampanye Pemilu 2024 dibanding masa kampanye Pemilu 2019 lalu.

Hal itu, terlihat dari jumlah konten terkait pemilu yang dilakukan pemblokiran atau takedown sejak 28 November 2023 hingga 11 Januari 2024 sebanyak 51 konten serta penerbitan sekitar 175 klarifikasi atas hoaks mengenai pemilu.

“Di situ saja sudah menunjukkan bahwa adanya pemahaman yang baik tentang bagaimana berkomunikasi di media sosial. Ini beda sekali dengan di 2019,” ujarnya.

Idham mengatakan pada Pemilu 2019 banyak riset yang menyebut pemilih terpolarisasi tajam. Kondisi ini berbanding terbalik dengan sekarang yang berarti kedewasaan para pemilih makin matang.

“Biasanya orang kalau makin dewasa antusiasnya makin tinggi. Kenapa? Karena dia memiliki kesadaran bahwa pemilu ini penting,”tutur Idham.

Ia mengungkapkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mencapai 82 persen. Oleh karena itu, KPU berupaya meningkatkan angka partisipasi pemilih di Pemilu 2024.

“Prinsipnya harus lebih baik pemilu hari ini. Kami sadar itu membutuhkan kolaborasi dan gotong royong segenap anak-anak bangsa,” pungkasnya. (ant/man/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs