Kamis, 9 Mei 2024

Mahfud Ungkap Lahan Pertanian Makin Sedikit Tapi Subsidi Pupuk Naik Terus

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mahfud MD calon wakil presiden RI nomor urut 3 dalam debat keempat pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Mahfud MD calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 dalam debat keempat Pilpres 2024 mengungkapkan ada yang salah dengan sistem agraria di Indonesia, khususnya terkait pengolahan pangan dan pertanian.

Menurutnya, sumber daya alam di Indonesia yang sangat kaya, masih belum diolah secara tepat.

“Sumber daya alam kita sangat kaya, tapi pangan belum berdaulat. Petani makin sedikit, lahan pertanian makin sedikit tapi subsidi pupuk makin besar, pasti ada yang salah” ujar Mahfud di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Oleh karenanya, pria yang menjabat Menko Polhukam di kabinet Indonesia Maju Joko Widodo Presiden itu menilai ada yang salah dengan program subsidi yang tiap tahun makin naik itu.

Selain itu masuknya investor dan industrialisasi sekarang, disebutnya justru menimbulkan masalah baru. Untuk itu, dia ingin agar kelestarian alam sebisa mungkin bermanfaat kepada masyarakat.

Mahfud mengatakan hal tersebut, karena dia menilai sumber daya alam selama ini menjadi sumber sengketa rakyat dengan rakyat, dan pemerintah dengan pemerintah.

Untuk itu, dia menekankan program Ganjar-Mahfud yang akan fokus menyejahterahkan petani di darat, dan nelayan di laut jika terpilih dalam Pilpres 2024.

“Maka kami punya program, petani bangga bertani, di laut jaya, nelayan sejahtera. Jangan misalnya seperti food estate, yang gagal dan merusak lingkungan. Yang benar aja, rugi dong kita,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres untuk cawapres kali ini adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam dan energi, lingkungan hidup, energi, pangan, dan masyarakat adat dan desa.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti Editor in Chief SCTV dan Zilvia Iskandar news anchor Metro TV. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs