Minggu, 28 April 2024

Massa Pendukung AMIN padati area luar JIS sejak Sabtu subuh

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Massa pendukung AMIN memadati area luar Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Foto: Antara

Massa dari pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 01 memadati area luar Stadion Jakarta International Stadium (JIS) sejak Sabtu (10/2/2024) subuh, untuk menghadiri kegiatan kampanye yang bertajuk “Kumpul Akbar”.

Melansir Antara, mayoritas orang-orang yang menggunakan pakaian berwarna putih tersebut memadati JIS dari segala penjuru dengan berjalan kaki. Kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dalam jarak sekitar satu kilometer sudah tidak bisa mengakses kawasan JIS dari arah selatan.

“Satukan Jakarta, AMIN-kan Indonesia,” kata salah seorang pendukung AMIN menggunakan pengeras suara.

Adapun akses dari arah kawasan Sunter, maupun dari arah Jalan RE Martadinata mengalami kemacetan kendaraan hingga sekitar 2,5 kilometer menuju JIS. Bahkan berbagai kendaraan tersebut pun terpaksa diparkir di pinggir jalan.

Selain itu, sebagian massa juga sudah memasuki area dalam Stadion JIS. Massa tersebut juga membawa alat peraga kampanye, di antaranya bendera, spanduk, hingga pernak pernik bertuliskan AMIN.

Sebelumnya, Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) memperkirakan sebanyak lima juta orang akan hadir pada kampanye akbar AMIN bertajuk “Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah” di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu.

Awalil Rizky Dewan Pertimbangan Timnas AMIN menyebut, angka perkiraan tersebut seiring dengan jumlah tiket terpesan secara daring pada, Rabu (7/2/2024) lalu, mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 03.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs