Sabtu, 27 April 2024
Debat Cawapres

Gibran Sebut Muhaimin Tak Konsisten Soal IKN, Dulu Dukung Sekarang Tidak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka, Cawapres nomor urut 2 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden nomor urut 2 memberikan respon tegas terhadap pernyataan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam sesi menjawab pertanyaan panelis debat capres di Jakarta Conventin Centre (JCC), Jumat (22/12/2023) malam.

Mulanya Gibran mendapat pertanyaan dari panelis soal sub tema keuangan pajak, pengelolaan APBN dan APBD.

“Hanya satu pertiga APBN yang dapat digunakan untuk mebiayai pembangunan, padahal janji program paslon memerlukan biaya tinggi. Pertanyannya, mana yang menjadi pilihan priorotas anggaran pembangunan infrastyuktur fisik atau pembangunan kualitas SDM dan ekonomi rakyat,” tanya moderator kepada Gibran.

Saat menjawab pertanyaan itu Gibran mencontohkan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), bahwa pembangunan di IKN hanya menggunakan 20 persen APBN.

“Tidak semuanya harus menggunakan APBN, contoh IKN. Bnayka yang gagal paham tidak 100 persen menggunakan APBN hanya 20 persen. Sisanya menarik investor,” ucap Gibran.

Gibran mengatakan bahwa pembangunan fisik dan SDM harus dijalankan secara paralel. Kemudian moderator memberi kesempatan kepada Cak Imin untuk menanggapi pernyataan Gibran.

Cawapres nomor urut 1 itu kemudian menyatakan bahwa yang terpenting dalam rencana pembangunan bukanlah pembangunan infrastuktur atau SDM dulu. Namun kemampuan membaca skala prioritas.

“Paling penting dari ini adalah membaca skala prioritas, seluruh project besar yang ambisius ini IKN contoh saja, itu kalau mengandalkan APBN hampir Rp500 triliun,” kata Cak Imin.

Cak Imin kemudian menyebut bahwa sekian persen dari anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan IKN bisa dipaki untuk pemertaan pembangunan di Kalimantan.

“Padahal satu persen dari empat ratus triliun sekian itu untuk membangun jalan di seluruh Kalimantan beres, seluruh kota di Kalimantan beres,dan yang paling penting untuk pembanunan infrastuktur SDM tiga persen aja dari seluruh anggaran IKN bisa membangun sekolah di Kalimantan. itu contoh mengambil skala priotitas,” katanya.

Gibran pun melontarkan jawaban yang tegas kepada Cak Imin soal IKN, putra sulung Jokowi Presiden itu kemudian mempertanyakan soal konsistensi Cak Imin terhadap pembangunan IKN.

“Saya ingat sekali, Gus Muhaimin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN. Ini gimana ini, nggak konsisten. Dulu dukung sekarang gak dukung karean menjadi wakilnya pak Anies yang mengusung tema perubahan,” jelas Gibran.

Gibran lalu menegasakn bahwa IKN bukan hanya simbol pembangunan saja. “Sekali lagi gus mohon maaf IKN ini bukan hanya mebangun bagunan pemnrintah tapi juga simbiol pemerataan pembangunan di Indonesai dan transformasi pembangunan di Indonesia,” tutur Gibran.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU juga telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024. Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, pasangan capres/cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Debat kedua untuk cawapres akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023 dengan topik ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, dan APBN.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs