Sabtu, 27 April 2024

Pakar Sebut Kualitas Debat Keempat Pilpres Lebih Baik dari Sebelumnya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Arif Abdurrahman pakar energi terbarukan ITS dan Suko Widodo pakar komunikasi politik saat berada dalam nobar debat keempat di Suara Surabaya Center, Minggu (21/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Suko Widodo Pakar Komunikasi Politik Univeristas Airlangga (Unair) mengatakan, debat keempat Pilpres 2024 yang diikuti oleh calon wakil presiden (cawapres) itu lebih baik dari debat edisi sebelumnya.

“Jauh lebih bagus dari debat yang pertama. Ada diksi-diksi, data-data yang berkait erat dengan masalah, yaitu soal pangan, energi, agraria. Jadi ada kefokusan materi di situ,” katanya seusai mengisi nonton bareng debat keempat Pilpres 2024 di Suara Surabaya Center, pada Minggu (21/1/2024).

Suko mengatakan, debat capres atau cawapres memiliki tujuan untuk promosi dengan menawarkan visi misi dan argumentasi, sehingga atas gagasan yang disampaikan, masyarakat bisa memahami dengan baik.

“Atau yang lebih penting, sebenarnya debat itu bukan hanya diperuntukkan dengan lawan, tapi juga dengan publik yang memilih. Itu harus menjadi penting,” katanya.

Dalam debat malam ini, ia menyebut Muhaimin Iskandar cawapres nomor urut 1 memiliki konsistensi dalam persoalan desa.

“Jadi ditujukannya kepada siapa itu jelas, secara konsisten. Itu kelebihannya,” imbuhnya.

Sedangkan Gibran Rakabuming Raka cawapres nomor urut 2 menurutnya, memiliki kelebihan dalam menyampaikan progam yang detail dan dijelaskan secara informatif.

“Hal itu membuat orang tahu, cukup prospektif, inovatif, tawaran-tawaran energi baru dan lain sebagainya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mahfud MD cawapres nomor urut 3 menurutnya juga memiliki kemampuan dalam mengutarakan gagasan dengan jelas.

“Pak Mahfud juga punya sikap yang jelas, seperti mafia tanah, mafia hukum harus disikat. Ketika ada ketidakberdayaan, dan dia membutuhkan sikap ke depan, dia akan melakukan itu,” paparnya.

Sementara itu, Arif Abdurrahman Pakar Energi Terbarukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengatakan, secara umum ketiga cawapres telah menyampaikan visi misi yang sesuai dengan tema.

“Saya melihat bahwa memang ada komitmen bersama untuk mengembangkan energi baru terbarukan, net zero emision, dan juga untuk lingkungan yang lebih baik,” katanya.

Ia berharap, siapapun yang terpilih nanti, cawapres yang telah mengangkan kesehatan lingkungan, bisa benar-benar diterapkan.

“Jadi saya harap, setelah debat ini ketiga capres ini memiliki cara agar bagaimana memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres untuk cawapres kali ini adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam dan energi, lingkungan hidup, energi, pangan, dan masyarakat adat dan desa.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti Editor in Chief SCTV dan Zilvia Iskandar news anchor Metro TV. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs