Minggu, 28 April 2024

Tiga Cawapres Sampaikan Gagasan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Panggung Debat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md calon wakil presiden nomor urut 1, 2, dan 3 dalam debat keempat Pilpres 2024, di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (21/1/2024), selesai menggelar Debat Pilpres 2024 seri keempat, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Tema debat untuk calon wakil presiden (cawapres) yang kedua kalinya, yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Mendapat kesempatan pertama memaparkan visi misinya, Muhaimin Iskandar cawapres nomor urut 1 langsung menyerang pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Menurutnya, negara dan pemerintah selama ini mengabaikan nasib petani dan nelayan.

Wakil Ketua DPR RI itu menyatakan proyek lumbung pangan nasional (food estate) gagal karena meninggalkan masyarakat adat, memicu konflik agraria, dan merusak lingkungan.

Food estate terbukti mengabaikan petani kita, meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria, dan bahkan merusak lingkungan kita,” ujarnya.

Maka dari itu, Cak Imin mendorong supaya proyek food estate yang digarap Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan segera disetop.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menyatakan, desa harus menjadi titik tumpu pembangunan. Sedangkan petani, nelayan, peternak serta masyarakat adat harus menjadi bagian utama dari program pengadaan pangan nasional.

Selanjutnya, Muhaimin menyebut pemerintah tidak serius mengatasi krisis iklim. Dia bilang, krisis iklim tidak bisa diselesaikan dengan proyek giant sea wall yang rencananya dibangun di Pantai Utara Jawa untuk mencegah atau memperlambat penurunan permukaan tanah.

Cak Imin melanjutkan, salah satu yang akan dilakukan Anies-Muhaimin untuk mengatasi krisis iklim kalau mendapat mandat sebagai presiden dan wakil presiden, yaitu menggenjot energi baru terbarukan.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka cawapres nomor urut 2, menyampaikan rencana melanjutkan dan memperluas cakupan program hilirisasi pemerintah di sektor pertambangan, pertanian, maritim, dan digital.

Putra sulung Jokowi Presiden itu mempertimbangkan cadangan berlimpah nikel dan timah serta potensi besar energi baru terbarukan di Indonesia.

“Potensi energi baru terbarukan kita luar biasa sekali, bisa mencakup 3.686 gigawatt yang meliputi energi surya, angin, air, bioenergi, dan juga panas bumi. Oleh karena itu, kerja sama penta-helix melibatkan pemerintah, badan usaha, universitas, masyarakat, dan media massa wajib didorong,” paparnya.

Lebih lanjut, Gibran menyebut akan meningkatkan ketersediaan pupuk serta bibit yang mudah dan murah untuk petani.

Kemudian, melanjutkan agenda reformasi agraria, meningkatkan anggaran dana desa, lalu mengupayakan pengesahan rancangan undang-undang tentang masyarakat adat.

Dalam forum yang sama, Mahfud MD cawapres nomor urut 3 bilang, Ganjar-Mahfud bakal menyusun kebijakan berdasarkan empat tolok ukur dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Yaitu, pemanfaatan, pemerataan, partisipasi masyarakat, dan penghormatan terhadap hak-hak yang diwariskan turun-menurun.

Mahfud yang sekarang masih menjabat Menko Polhukam menyampaikan dua program yang akan dijalankan kalau dia bersama Ganjar terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, yaitu Petani Bangga Bertani, dan Nelayan Sejahtera.

“Jangan seperti program food estate yang gagal dan merusak lingkungan. Yang benar saja, rugi dong kita,” sindirnya.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali Debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs