Rabu, 19 Juni 2024

Panitia Rakernas V PDIP Ganti Gawai Milik Wartawan yang Hilang Saat Liputan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Masinton Pasaribu Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDIP saat menyerahkan gawai pengganti kepada wartawan yang kehilangan gawai saat meliput Rakernas, Sabtu (25/5/2024). Foto : istimewa

Masinton Pasaribu Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDIP menanggapi pemberitaan soal kehilangan telepon genggam atau gawai milik wartawan ketika bertugas meliput pembukaan acara Rakernas di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024) kemarin.

Masinton menyesalkan atas peristiwa kehilangan gawai milik rekan-rekan wartawan yang hilang saat bertugas di Rakernas tersebut.

Dia juga mengatakan, bahwa peristiwa tersebut di luar pemantauan pihak panitia. Sebab, peristiwa hilangnya gawai milik wartawan itu terjadi di lantai 1 Beach City International Stadium Ancol.

Di mana, lantai 1 itu merupakan area publik dan tempat umum bagi wisatawan yang berkunjung ke area Ancol.

“Tentunya kalau peserta menggunakan name tag, tapi karena di lantai 1 adalah area publik, dan itu juga sebagian besar lingkup area umum, tempat wisata juga, sebagian besar kita cover, sebagiannya lagi luput dari pantauan kami,” kata Masinton di Media Center Rakernas V PDIP, Sabtu (25/5/2024).

Masinton pun mengajak rekan-rekan wartawan bersama petugas keamanan yakni Satgas Cakra Buana untuk bekerja sama saling menjaga satu sama lainnya.

Karena, dia meyakini bahwa ada pihak-pihak yang berupaya mencari kesempatan dengan menyusup ke kerumunan wartawan dengan motif tertentu. Termasuk, mengambil barang-barang miliki wartawan bertugas.

“Tentu kita ingin kerja samanya untuk satgas dan rekan-rekan media, dimana di tempat keramaian pasti ada saja yang aneh di sana. Menyusup-menyusup disitu. Apalagi alat komunikasinya temen-teman media pasti diisi banyak informasi, data dan lain-lain. Yang ngambil punya motif politik atau motif ekonomi,” ungkap Masinton.

“Jadi, sebagai teman yang juga membantu meliput, mohon kerja samanya,” sambung dia.

Sementara itu, Hendra Gunawan Sekretaris OC Rakernas V PDIP juga turut menyesalkan peristiwa tersebut.

Dia menjelaskan, alasan tak mensterilkan area Lantai 1 lokasi Rakernas dengan berbagai petimbangan. Yakni, tak ingin membatasi penugasan para wartawan serta memperbolehkan pihak lain membuat konten media sosial suasana Rakernas V PDIP.

“Kalau lantai 1 dan 2, Kami sudah berusaha membuat seketat mungkin dan senyaman mungkin, peserta, media untuk bisa mendapat akses perhelatan yang buat kami ini sangat penting,” kata Hendra.

Hendra menegaskan, bahwa pihak keamanan tak bermaksud tidak mengawasi rekan-rekan media yang bertugas. Namun, adanya keterbatasan petugas saat berjaga.

“Kerumunan juga sangat banyak, tidak mungkin kami tugaskan 1 Satgas untuk 1 teman wartawan,” jelasnya.

Sementara, Ronny Talapessy Koordinator Keamanan Rakernas V menegaskan pihaknya juga langsung merespon dan bergerak cepat atas laporan kehilangan gawai rekan-rekan media yang bertugas di lokasi arena Rakernas V PDIP, kemarin.

Bahkan, Ronny menyebut langsung menginstruksikan seluruh petugas keamanan yang bertugas untuk melakukan penyisiran terhadap pihak-pihak yang mencurigakan di lokasi.

“Sebenarnya dari tim satgas sudah sigap waktu itu berkomunikasi, dan bentuk tanggung jawab kita sebagai keamanan. Dan memang dari kami, kemarin situasinya crowded ya, dan memang kita sudah berusaha menjaga supaya area sini supaya tidak terjadi kekacauan, keributan dan lain-lain. Itu sudah kami lakukan,” kata Ronny.

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa terjadi di lokasi Rakernas, Ronny menerjunkan petugas keamanan untuk menjaga area Media Center serta lokasi yang menjadi tempat doorstop wartawan.

“Prinsipnya kita menghargai kerja-kerja teman-teman dalam peliputan. Kita akan lebih memperketat lagi. Saya sudah menugaskan satgas disini,” ucap Ronny.

“Kita juga tidak mungkin membatasi gerak gerik teman-teman dalam mengambil gambar, saya sangat mengerti dan berkomunikasi. Kalau ada apa-apa segera kontak saya dan saya bersama satgas akan menjaga area sini untuk membantu teman-teman,” sambung dia.

Di akhir pernyataan, sebagai bentuk turut prihatin, maka dari pihak panitia Rakernas V PDIP, mengganti gawai rekan-rekan media yang hilang.

Penyerahan gawai itu dilakukan oleh Masinton kepada perwakilan rekan media yang kehilangan gawai.

Dikabarkan sebelumnya, salah satu media nasional memberitakan soal kehilangan gawai milik wartawan saat bertugas di pembukaan Rakernas V PDIP. Kehilangan terjadi pada wartawan dari media Narasi, Jawapos TV, dan Kompas TV.

Dimana, dalam narasi berita itu mempertanyakan pihak keamanan yang bertugas saat kedatangan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP. Gawai milik wartawan hilang saat meliput kedatangan Megawati di arena Rakernas V PDIP.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs